Sukses

Cara Menghitung Gerakan Janin

Memasuki trimester ketiga kehamilan, umumnya gerakan janin sudah semakin terasa. Ternyata, menghitung gerakan janin setiap hari dapat membuat Anda mengenali karakter dan kondisi si calon bayi.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa menghitung dan mencatat jumlah gerakan janin setiap hari selama trimester ketiga kehamilan merupakan cara yang efektif untuk menilai kesejahteraan janin. Cara ini sederhana, mudah dilakukan, dan tidak berbahaya. American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) menganjurkan perhitungan gerakan janin, terutama bagi ibu hamil yang telah melewati hari perkiraan lahir atau memiliki diabetes maupun darah tinggi.

Kebanyakan ibu hamil mulai menyadari gerakan janinnya pada usia kehamilan 18-20 minggu. Namun, gerakan janin yang konstan biasanya baru dapat dirasakan pada usia kehamilan 26 minggu. Perhitungan gerakan janin sebaiknya dilakukan mulai usia kehamilan 28 minggu pada kehamilan normal dan 26 minggu pada kehamilan yang berisiko tinggi.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menghitung gerakan janin Anda:

  1. Hitung gerakan janin setiap hari pada waktu yang sama. Pilih waktu ketika janin sedang aktif, umumnya setelah Anda makan atau ngemil. Pastikan janin dalam kondisi terbangun. Berjalan, menekan/menggoyang/mengetuk perut, atau minum sesuatu yang dingin dapat membangunkan janin.
  2. Duduk berselonjor atau berbaring dengan posisi miring ke kiri. Hitung gerakan janin setiap Anda merasakannya. Dalam dua jam, harus terasa paling sedikit 10 gerakan. Yang dimaksud dengan ‘gerakan janin’ ialah segala sensasi seperti tendangan, pukulan, tepukan, atau sesuatu yang menggulung/berputar.
  3. Setelah beberapa hari, Anda akan menemukan pola gerakan janin, yaitu berapa lama waktu yang dibutuhkannya untuk mencapai 10 gerakan. Rata-rata janin sehat membutuhkan waktu kurang dari 30 menit untuk mencapai 10 gerakan.
  4. Catat waktu dan jumlah hitungan gerakan janin Anda setiap hari.
  5. Setelah melakukan perhitungan selama beberapa minggu, Anda akan melihat sedikit variasi harian pada hasilnya. Namun, sebagian besar polanya akan mirip.

Anda perlu segera mengunjungi dokter apabila ditemukan kondisi-kondisi berikut:

  • Bila tidak terasa 10 gerakan dalam waktu 2 jam, bangunkan janin kemudian ulangi perhitungan. Segera hubungi dokter bila Anda masih tidak merasakan gerakannya.
  • Bila Anda menemukan perubahan pola gerakan janin yang signifikan. Sebagai contoh, bila normalnya Anda merasakan 10 gerakan dalam 30 menit dan saat ini membutuhkan waktu 2 jam penuh untuk merasakan 10 gerakan.

Dengan rutin menghitung gerakan janin, Anda akan mengenali pola gerakan si calon bayi. Pola gerakan ini tidak sama pada setiap janin. Hanya Anda yang tahu bagaimana pola normal gerakan janin Anda.

Perubahan pada pola dan jumlah gerakan ini dapat menjadi tanda awal dari suatu masalah. Bila perubahan ini disadari, Anda akan lebih waspada sehingga tidak menunda untuk memeriksakan kandungan ke dokter. Apalagi, penanganan yang tepat waktu dapat mencegah dan mengelola komplikasi, seperti bayi lahir mati.

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar