Sukses

Atasi Nyeri Pinggang Saat Hamil dengan Cara Ini

Sedang hamil dan merasakan nyeri pinggang? Tenang. Begini cara mengatasinya.

Sedang hamil dan merasakan nyeri pinggang? Anda tidak sendirian. Lebih dari dua per tiga wanita hamil mengalami nyeri pinggang saat hamil. Keluhan ini biasanya muncul setelah memasuki trimester kedua dan dapat semakin berat pada trimester akhir.

Penyebab Nyeri Pinggang saat Hamil

Nyeri pinggang saat hamil biasanya muncul setelah memasuki trimester kedua, dan bisa semakin berat pada trimester akhir. Kondisi ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya:

  1. Peningkatan hormon

Hormon yang dikeluarkan saat hamil menyebabkan ligamen –yang menghubungkan tulang panggul dan tulang belakang– meregang.  Sendi-sendi juga menjadi lebih longgar untuk mempersiapkan proses persalinan. Kejadian ini menyebabkan wanita hamil sering merasa tidak stabil saat berjalan, dan terasa nyeri saat berdiri, berjalan, ataupun duduk dalam waktu lama.

  1. Ukuran uterus membesar

Uterus atau rahim akan terus membesar selama hamil. Hal ini menyebabkan pusat gravitasi berubah dan otot perut melemah, sehingga akan memengaruhi postur tubuh dan menyebabkan nyeri pinggang.

  1. Peningkatan berat badan

Saat hamil, berat badan umumnya akan meningkat sekitar 10-16 kg. Dengan demikian, beban tulang belakang dan otot di sekitarnya menjadi lebih berat sehingga muncul keluhan nyeri di pinggang.

Cara Mengatasi Nyeri Pinggang saat Hamil

Sebenarnya, nyeri pinggang saat hamil tidak dapat diatasi sepenuhnya. Namun Anda bisa mengurangi keparahan atau frekuensinya. Berikut caranya:

  1. Olahraga

Lakukan olahraga yang berfokus pada latihan kekuatan otot punggung, pinggang, dan perut. Jenis olahraga yang dapat dilakukan adalah berenang, stretching (peregangan otot), berjalan, dan pelvic tilt.

  1. Memperbaiki postur tubuh
  • Berdiri tegak. Meskipun terasa sulit karena perubahan tubuh selama hamil, tetap usahakan tubuh selalu dalam keadaan tegak. Ini dapat mengurangi beban pada tulang belakang.
  • Duduk dalam posisi tegak. Punggung sebaiknya ditopang dengan bantal dan hindari menyilang kaki saat duduk.
  • Gunakan sepatu datar yang nyaman. Hindari menggunakan sepatu hak tinggi.
  • Pastikan lutut ditekuk saat hendak mengambil atau mengangkat barang dari lantai. Namun hindari mengangkat beban yang berat.
  • Tidur dengan posisi miring dengan lutut ditekuk. Hindari posisi tidur telentang.
  1. Kompres hangat atau dingin

Berendam air hangat, menempelkan botol yang berisi air hangat, dan kompres menggunakan es atau air dingin dapat membantu mengurangi nyeri.

  1. Pijat

Minta pasangan Anda atau terapis terlatih untuk memijat punggung. Selain dapat mengurangi nyeri, tindakan ini juga bisa membuat ibu hamil lebih rileks.

Bila keluhan nyeri pinggang saat hamil tidak berkurang, bertambah berat, atau disertai keluhan nyeri yang menjalar sampai ke kaki, terasa baal dan kesemutan sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

(NB/RH

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar