Sukses

Rumah Bersih, Hati Juga Sehat!

Sayangi organ hati Anda. Ternyata, bukan hanya makanan dan minuman yang memengaruhi kesehatan hati. Kebersihan rumah Anda juga berperan, lho!

Pak Mamat adalah seorang petani yang tinggal di dekat sawahnya. Sudah bukan hal yang aneh lagi bila ditemukan tikus di dalam rumahnya. Pada suatu hari, Pak Mamat mengalami sakit demam, nyeri kepala dan otot –bahkan matanya pun menjadi kuning. Saat berobat ke dokter, ia diberitahu bahwa penyakitnya terjadi karena infeksi dan sudah cukup parah hingga memengaruhi hatinya. Pak Mamat pun bingung dengan ‘hati’ yang dimaksud oleh dokter tersebut.

Hati yang dimaksud oleh dokter di atas adalah organ terbesar kedua dalam tubuh. Hati merupakan organ yang sangat penting karena memiliki banyak fungsi vital. Di samping itu, hati adalah satu-satunya organ yang bisa beregenerasi sendiri. Hati tidak akan memberikan gejala apabila kerusakan hanya ringan –karena hati akan memperbaiki dirinya sendiri. Namun, apabila kerusakannya sudah cukup parah, barulah gejala muncul dan mungkin sudah sulit untuk memperbaikinya.

Kebersihan rumah sangat berpengaruh terhadap kesehatan hati. Rumah yang tidak bersih dapat menyebabkan beberapa penyakit. Berikut beberapa penyakit yang berhubungan dengan kebersihan:

  1. Leptospirosis

Seperti Pak Mamat, rumah yang ditinggali juga oleh tikus membuat risiko terkena penyakit leptospirosis meningkat. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Leptospira sp. yang biasanya ada pada tubuh hewan –salah satunya tikus– ataupun air, tanah, maupun makanan yang telah terkontaminasi (pada banjir atau dekat pembuangan sampah). Manusia dapat terkena infeksi ini melalui kontak langsung dengan air atau tanah yang telah terkontaminasi urine hewan pembawa bakteri Leptospira.

  1. Hepatitis A

Hepatitis A disebabkan oleh virus hepatitis A. Cara penularannya adalah melalui fecal-oral  (feses dan mulut). Biasanya penularan terjadi pada pencemaran air minum dan makanan, makanan mentah, sanitasi yang buruk, dan kebersihan diri yang rendah. Pencegahan dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan termasuk rumah, peralatan makanan dan minuman, dan tentunya diri sendiri. Mencuci tangan adalah langkah yang paling mudah untuk terhindar dari penyakit ini.

Jagalah kesehatan hati Anda sebelum rusak secara permanen. Salah satu langkah kecil untuk menjaga kesehatan hati adalah dengan memelihara kebersihan diri sendiri dan rumah Anda.

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar