Sukses

Jangan Mengonsumsi Buah Bersama Susu!

Tahukah Anda bahwa mencampurkan buah dan susu bisa berdampak kurang baik bagi kesehatan?

Bayangkan segarnya irisan buah-buahan dalam semangkuk sup buah untuk camilan di siang hari. Sungguh segar, ya! Meski demikian, tahukah Anda bahwa mencampurkan buah dan susu bisa berdampak kurang baik bagi kesehatan?

Buah merupakan sumber mineral dan vitamin, yang bermanfaat mengatur fungsi di dalam tubuh. Sedangkan susu bermanfaat untuk kesehatan tulang, dengan kandungan gizi yang mampu menekan risiko kanker payudara pada wanita perimenopause. Secara umum, buah dan susu memang memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan.

Namun demikian, tidak semua buah baik dikonsumsi bersamaan dengan susu –misalnya melon dan pisang. Susu dan melon tidak baik jika dikonsumsi bersamaan, karena susu bersifat sebagai pencahar, sedangkan melon mendorong produksi air seni. Sementara itu, jika pisang dikonsumsi bersamaan dengan susu, maka dapat mengurangi daya cerna serta memproduksi racun dalam tubuh. Bahkan, kombinasi tersebut dapat menyebabkan flu, batuk dan alergi.

Alasan utama mengapa Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi buah dan susu secara bersamaan adalah karena buah sangat mudah dicerna, sedangkan susu lebih lama diproses dalam tubuh. Selama proses tersebut, buah dapat menggumpalkan susu yang berpotensi menyebabkan perut sakit dan asam lambung meningkat.

Oleh karena itu, jika Anda ingin mendapatkan manfaat buah dan susu secara keseluruhan, konsumsilah keduanya secara terpisah, tanpa dicampur dengan makanan lainnya. Dengan demikian, kebutuhan nutrisi Anda akan tercukupi dan tubuh Anda akan senantiasa sehat.

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar