Sukses

5 Kiat Jitu Taklukkan Flu

Sudah rajin minum obat dan vitamin, tapi kok masih flu? Mungkin Anda kurang minum air putih atau istirahat yang cukup.

Iklim udara yang tidak menentu seperti sekarang ini –kadang hujan, kadang panas, membuat Anda rentan terkena flu. Memang, sih, flu bisa hilang dengan sendirinya asalkan daya tahan tubuh baik. Tapi jika hidung terus-menerus meler, tentu rasanya tidak enak dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Berikut ada beberapa kiat yang bisa Anda lakukan untuk menaklukkan flu:

  1. Minum teh hangat dengan madu dan jeruk lemon

Saat flu menyerang, perbanyak asupan cairan terutama yang hangat. Salah satu minuman yang dapat Anda konsumsi adalah teh. Teh dapat membantu meredakan sakit pada tenggorokan. Anda juga bisa menambahkan madu yang kaya akan antioksidan dan perasaan jeruk lemon sebagai tambahan vitamin C. 

  1. Makan sup

Jika Anda flu, cobalah membuat sup ayam hangat. Hal ini akan membantu meredakan gejala flu. Apalagi jika disajikan hangat, uapnya akan melegakan hidung yang tersumbat.

  1. Menghirup uap hangat

Menghirup uap hangat saat flu dapat membantu melegakan saluran pernapasan dan meredakan gejala flu. Caranya mudah. Isi baskom dengan air panas dan tambahkan 2 sdt jahe yang sudah dipotong-potong. Kemudian hiruplah dalam-dalam untuk meredakan gejala flu. Selain itu, cara lain yang bisa Anda terapkan adalah dengan menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih atau minyak mint ke dalam baskom air panas tersebut.  

  1. Minum yang cukup

Anda tentu bosan mendengar saran ini. Namun minum air putih merupakan terapi yang terbaik. Usahakan minum air putih minimal 8 gelas per hari. Cairan yang cukup akan menjaga sistem pernapasan tetap terhidrasi dan membantu mengencerkan lendir di saluran pernapasan. Hindari kopi atau minuman beralkohol untuk mencegah dehidrasi.

  1. Istirahat yang cukup

Saat flu, yang terpenting adalah menjaga kekebalan tubuh Anda. Hindari terlalu memforsir diri untuk melakukan aktivitas saat sakit. Istirahat yang cukup akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

Semoga cara-cara di atas dapat membantu membasmi flu Anda!

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar