Sukses

Segudang Manfaat Kulit Melinjo

Siapa sangka, ternyata kulit melinjo menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan. Ingin tahu? Simak selengkapnya berikut ini.

Melinjo merupakan buah yang sering dijadikan campuran sayur asam. Bahkan belakangan, kulitnya kerap dijadikan sebagai camilan atau lauk tambahan. Konon, selain rasanya enak, kulit melinjo memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Bagaimana penejelasan medisnya?

Anggapan yang menyebutkan bahwa kulit melinjo bermanfaat bagi kesehatan adalah benar adanya. Secara singkat, kulit melinjo mengandung:

  • Kalsium dan fosfor

Kalsium dan fosfor pada kulit melinjo bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi serta dapat mencegah osteoporosis.

  • Beta karoten

Karena mengandung beta karoten, maka kulit melinjo memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan mata, mengurangi risiko bahkan mencegah penyakit kanker, menurunkan risiko terjadinya stroke, dan dapat berfungsi sebagai antinyeri serta antiradang.

  • Likopen

Selain dapat digunakan sebagai bahan pewarna alami makanan, likopen pada kulit melinjo juga berperan sebagai antioksidan. Dengan demikian, kulit melinjo dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah kanker, penyakit jantung, diabetes, katarak, penuaan kulit, bahkan dapat membantu meningkatkan kesuburan.

Selain manfaat di atas, ternyata penelitian juga menyebutkan bahwa kulit melinjo memiliki senyawa yang mampu menghambat kinerja xantin oksidase-enzim (pensintesis asam urat). Dengan demikian, kulit melinjo bisa menjadi obat asam urat yang ampuh.

Dari penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa melinjo memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Bukan dagingnya, melainkan kulitnya. Jadi, bagi Anda yang ingin merasakan sendiri manfaat dari kulit melinjo secara keseluruhan, tidak ada salahnya untuk menambahkan kulit dari tumbuhan baik ini ke dalam menu harian. Bisa sebagai tumisan, atau lainnya.

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar