Sukses

Intip Segudang Manfaat Kulit Melinjo

Siapa sangka, ternyata kulit melinjo menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan. Ingin tahu? Simak selengkapnya berikut ini.

Melinjo adalah buah yang sering dijadikan campuran dalam sayuran, bahkan bijinya pun digunakan untuk membuat kerupuk emping. Namun sayangnya, banyak yang belum tahu mengenai manfaat melinjo untuk kesehatan, termasuk bagian kulitnya. Padahal, manfaat kulit melinjo cukup beragam, lho!

Melinjo yang banyak ditemukan pada hutan hujan tropis ini sudah banyak dibudidayakan untuk keperluan makanan, termasuk di Indonesia. Mulai dari daun, bunga, dan bijinya sering digunakan sebagai bahan dalam berbagai hidangan.

Dan ternyata, kandungan kulit melinjo juga bermanfaat bagi kesehatan. Simak selengkapnya di sini, yuk.

1 dari 2 halaman

Manfaat Kandungan Kulit Melinjo

Manfaat kulit melinjo tentu saja bisa diperoleh karena kandungan-kandungan penting di dalamnya. Berikut kandungan kulit melinjo:

1. Kalsium dan Fosfor

Kalsium dan fosfor pada kulit melinjo bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi serta dapat mencegah pengeroposan tulang. Kalsium dan fosfor juga membantu kerja otot.

Artikel Lainnya: Benarkah Makan Emping Sebabkan Asam Urat?

2. Beta-Karoten

Beta-karoten merupakan antioksidan kuat yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Zat ini sering ditemukan pada sayur dan buah yang apabila dikonsumsi akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Karena mengandung beta-karoten, maka kulit melinjo memiliki manfaat dalam mencegah berbagai penyakit kronis.

3. Likopen

Selain dapat digunakan sebagai bahan pewarna alami makanan, likopen pada kulit melinjo juga berperan sebagai antioksidan. Dengan demikian, manfaat kulit melinjo dapat membantu menangkal radikal bebas di dalam tubuh sehingga mencegah terjadinya kerusakan sel.

4. Mangan

Mangan adalah mineral sangat vital untuk fungsi otak dan juga saraf. Selain itu, kandungan mangan pada kulit melinjo juga bermanfaat untuk ibu hamil. Mineral ini membantu metabolisme dalam tubuh dan mengembangkan fungsi saraf bagi janin.

5. Potasium

Potasium atau kalium adalah nutrisi yang dibutuhkan tubuh terutama dalam keseimbangan elektrolit. Menurut penelitian, dengan mengonsumsi 20% kalium per hari, Anda dapat mengurangi risiko terkena penyakit berbahaya.

Selain di kulit melinjo, potasium juga bisa didapat dari pisang, kentang, alpukat, ubi, dan sayuran.

Artikel Lainnya: Inilah Daftar Makanan Tinggi Asam Urat

6. Zink

Zink merupakan alah satu mineral yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh, mempercepat penyembuhan luka, dan juga baik untuk kulit. Zink dapat mengobati jerawat secara efektif dan berperan dalam produksi kolagen.

7. Magnesium

Magnesium juga berperan penting dalam membentuk struktur tulang dengan membantu penyerapan kalsium. Manfaat lainnya adalah menjaga kesehatan otot, fungsi otak, juga memperbaiki mood.

Berdasarkan kandungan di atas, berikut manfaat kulit melinjo yang yang dapat Anda rasakan:

  • Mencegah osteoporosis
  • Menurunkan risiko terkena penyakit kronis, seperti kanker, penyakit jantung, diabetes, dan katarak karena memiliki kandungan beta-karoten dan likopen
  • Meningkatkan fungsi otak dan mengatasi gangguan saraf karena kandungan mangan pada kulit melinjo
  • Mencegah stroke, manfaat kulit melinjo ini diperoleh karena tingginya kandungan potasium
  • Mengatasi masalah jerawat
  • Mempercepat proses penyembuhan dan mencegah infeksi kulit berkat kandungan zink-nya
  • Mengatasi kram dan nyeri otot karena kandungan magnesium di dalam kulit melinjo

Selain manfaat kulit melinjo di atas, ternyata penelitian juga menyebutkan bahwa kulit melinjo memiliki senyawa yang mampu menghambat kinerja enzim xanthine oxidase (pensintesis asam urat). Dengan demikian, kulit melinjo bisa menjadi obat asam urat yang ampuh.

Dari penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa manfaat kulit melinjo bagi kesehatan sangat beragam. Bukan dagingnya, melainkan kulitnya.

Jadi, bagi Anda yang ingin merasakan sendiri manfaat dari kulit melinjo secara keseluruhan, tidak ada salahnya untuk menambahkan kulit dari tumbuhan ini ke dalam menu harian. Bisa sebagai tumisan atau lainnya. Selamat mencoba!

[FY]

1 Komentar