Sukses

Ini Dia, Lima Kota Tersehat di Dunia

Kesehatan tubuh bukan hanya bergantung dari bagaimana Anda menjalani hidup, namun juga di mana Anda hidup. Tanyakan saja pada penduduk lima kota di bawah ini.

Apa saja faktor yang dapat membuat sebuah kota menyandang gelar ‘kota tersehat’? Tentunya, kota yang sehat adalah kota yang menunjang penduduknya untuk menerapkan gaya hidup sehat dalam keseharian. Hal ini dapat dinilai baik dari penyediaan layanan kesehatan yang berkualitas, mengurangi polusi udara, atau memastikan bahwa warganya memiliki akses ke taman yang asri, makanan bergizi, dan transportasi umum yang bersih. Berikut adalah lima kota tersehat di dunia:

  1. Kopenhagen, Denmark

Penduduk Kopenhagen memiliki work-life balance yang sangat ideal. Hanya 2% pegawai di kota tersebut yang bekerja lebih dari 40 jam per minggu. Selain itu, penduduk Kopenhagen juga membiasakan diri untuk berjalan kaki ke tempat-tempat sekeliling seperti tempat kerja, supermarket, dan sebagainya.

  1. Okinawa, Jepang

Okinawa memiliki jumlah penduduk berusia lebih dari 100 tahun terbanyak di dunia. Penduduk di kota ini secara umum menerapkan olahraga rutin dan pola makan sehat. Diet sehari-harinya mencakup sayuran hijau dan kuning, kentang manis, dan ikan.

  1. Monte Carlo, Monako

Salah satu hal yang terkenal dari Monte Carlo adalah cakupan kesehatannya yang sangat luas, yang difokuskan terhadap pencegahan, edukasi, dan skrining. Kota yang dikenal dengan kesehatan anak yang sangat unggul ini memiliki angka kematian bayi terendah di seluruh dunia, dengan 1.81 untuk setiap 1.000 bayi lahir hidup.

  1. Vancouver, Kanada

Kualitas udara merupakan salah satu indikator kesehatan yang baik untuk suatu kota. Karena polusi udara dapat menunjang terjadinya asma, penyakit jantung, stroke, bahkan kanker paru. Vancouver yang penuh dengan taman-taman asri dan rendah polusi ini dinobatkan sebagai kota dengan udara paling bersih di dunia.

  1. Melbourne, Australia

Melbourne sangat terkenal dengan tata letak kotanya yang asri dan bebas polusi serta gaya hidup penduduknya yang aktif. Tak heran bila kota ini berturut-turut menyandang gelar World’s Most Liveable City selama 6 tahun.

Walaupun tidak tinggal di kota-kota yang terdapat di daftar ini, tentunya ada banyak hal yang dapat dicontoh dan diterapkan dalam keseharian. Dengan adanya daftar ini, semoga semakin banyak kota yang termotivasi untuk mendapatkan gelar kota tersehat di dunia.

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar