Sukses

Cara Cepat Hentikan Diare Pada Anak

Diare sering dialami anak-anak, terutama di fase oral hingga umur 1 tahun. Jika tidak diatasi dengan tepat, diare dapat berakibat fatal.

 

Diare sangat umum dijumpai pada anak-anak. Ini adalah kondisi yang ditandai dengan perubahan feses menjadi lebih cair, dan terjadi lebih dari tiga kali sehari. Penyebabnya cukup beragam, misalnya karena bakteri ataupun virus.

Jika anak berumur kurang dari 2 tahun, penyebabnya adalah rotavirus. Karena saat berumur kurang dari 2 tahun, anak masih memiliki daya tahan tubuh yang belum baik. Dan di masa itu, anak sering memasukkan segala macam benda ke dalam mulutnya.

Pada anak-anak, biasanya diare akan berlangsung dalam waktu 5-7 hari,  jarang berlangsung lebih dari 2 minggu. Pada orang dewasa, diare umumnya membaik dalam waktu 2-4 hari, meskipun beberapa infeksi dapat berlangsung hingga 1 minggu atau lebih.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan saat anak diare:

  1. Cairan

Berikan anak banyak cairan agar terhindar dari dehidrasi, terutama jika anak mengalami diare yang disertai muntah. Idealnya, anak harus minum banyak cairan yang mengandung air, garam, dan gula. Contohnya adalah air yang dicampur dengan jus dan sup kaldu.

Jangan berikan minuman bersoda karena dapat membuat diare menjadi lebih buruk. Cairan elektrolit atau air garam lebih diprioritaskan untuk menggantikan cairan yang hilang, terutama diare yang disertai muntah. Selain itu, ASI harus tetap diberikan.

  1. Makanan

Bubur atau makanan yang berkuah lebih disarankan dibandingkan makanan padat kering. Jika anak tidak mau, berikan makanan apa saja yang ia mau. Hindari makanan yang berlemak dan pedas.

  1. Obat

Jika belum berkonsultasi dengan dokter, maka obat diare tidak disarankan. Hal terpenting untuk mengatasi diare adalah dengan meningkatkan asupan cairan. Lagipula, ada beberapa diare yang tidak memerlukan obat tertentu.

Diare yang diatasi sejak awal akan menghindarkan efek samping berbahaya. Jika anak tidak mau minum dan makan apa pun, sebaiknya langsung bawa ke dokter.

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar