Sukses

Sempatkan untuk Tidur Siang, Ini Alasannya

Mengapa Anda perlu menyisihkan waktu untuk tidur siang? Benarkah tidur siang selama 90 menit dapat membuat Anda lebih kreatif? Baca jawabannya di sini!

Rutinitas apa yang sering Anda lakukan pada akhir pekan? Tidur seharian dan bermalas-malasan di rumah? Kami mengerti, akhir pekan memang waktu yang paling pas untuk bangun siang dan tidur-tiduran sepanjang hari. Bagaimana dengan hari kerja? Menyempatkan diri untuk tidur siang pada hari kerja adalah hal yang sungguh istimewa. Tidur siang rasanya hanya monopoli anak-anak saja.

Tapi, jangan ragu untuk tidur siang meski hanya sebentar. Berdasarkan penelitian, tidur siang setiap hari selama 15-20 menit dapat membantu mengurangi stres, bahkan menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, performa kerja Anda juga akan membaik karena tingkat kewaspadaan dan fokus akan meningkat setelah tidur siang.

Lamanya waktu tidur ternyata juga berpengaruh pada performa Anda. Tidur siang selama 20 menit baik untuk meningkatkan fokus dan kemampuan motorik, seperti mengetik atau bermain piano. Sementara itu, tidur siang selama 30-60 menit dapat meningkatkan kemampuan dalam membuat keputusan ataupun mengingat memori. Lalu, tidur siang selama 60-90 menit dapat meningkatkan kemampuan otak dalam menyelesaikan masalah ataupun bekerja kreatif.

Bagaimana dengan minum kopi? Banyak di antara Anda yang menjadikan kopi sebagai penyelamat di kala kantuk menyerang. Tapi ternyata, kafein yang terkandung di dalam kopi dapat menurunkan performa Anda dalam mengingat.  Tingkat melakukan kesalahan juga lebih tinggi bila dibandingkan dengan jika Anda tidur siang.

Berikut ada beberapa kiat singkat untuk Anda:

  • Konsisten

Buatlah jadwal yang rutin dan konsisten terhadap kebiasaan tidur siang. Misalnya, tidur siang dari pukul 13.00 hingga 13.30.

  • Cepat

Anda tidak mau ‘kan dimarahi atasan karena terlalu lama tidur? Pasang alarm pada ponsel Anda selama 30 menit atau kurang, agar tidak terburu-buru saat terbangun.

  • Suasana

Tidurlah di ruangan yang gelap atau gunakan penutup mata agar Anda bisa lebih cepat tertidur.

Wah, ternyata tidur siang tak hanya dapat melepas kantuk. Manfaatnya juga sangat besar dari sisi kesehatan. Yuk, mulai rutin tidur siang!

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar