Sukses

Manfaat Ciuman bagi Pernikahan

Tak disangka, berciuman ternyata memiliki manfaat bagi kehidupan pasangan yang sudah menikah. Apa saja manfaat ciuman bagi suami-istri? Simak di sini.

Bagi yang sudah menikah selama bertahun-tahun, kapan terakhir kali Anda mencium pasangan? 

Apakah pagi ini, kemarin, atau bahkan Anda lupa kapan terakhir kali melakukannya? Sayang untuk dilewatkan, ternyata ada banyak manfaat ciuman bagi pernikahan.

Menjaga kemesraan suatu hubungan dengan berpegangan tangan, berpelukan, ataupun berciuman adalah cara untuk mengekspresikan perasaan masing-masing.

Telah banyak studi yang menjelaskan bahwa berciuman dan komunikasi penuh kasih lainnya dapat memengaruhi proses fisiologis tubuh yang terkait dalam menangani stres.

Selain itu, apa lagi manfaat ciuman bagi suami istri? Berikut daftarnya:

1 dari 4 halaman

1. Mendekatkan secara Emosional

Ciuman dapat meningkatkan keintiman serta kedekatan emosional Anda dan pasangan. Saat berciuman, baik pria maupun wanita akan memicu pusat kesenangan di otak dengan mengeluarkan hormon.

Bahan kimia tersebut adalah hormon oksitosin, serotonin, dan dopamin. Hormon-hormon inilah yang akan membuat ikatan batin Anda berdua semakin erat.

2. Pernikahan Lebih Awet dan Kuat

Percayakah Anda bahwa manfaat ciuman dapat membuat pernikahan lebih awet dan kuat? 

Ini karena ciuman dapat meningkatkan kesehatan Anda dan pasangan, baik secara psikis maupun emosional. 

Selain itu, ciuman juga akan membuat tubuh Anda dan pasangan mengeluarkan hormon endorfin atau hormon bahagia. 

Jika Anda dan pasangan bahagia, saling jatuh cinta dan memiliki ikatan emosional yang erat, tentu pernikahan bakal lebih awet dan kuat, bukan?

Artikel Lainnya: Segudang Manfaat Luar Biasa Ciuman untuk Kesehatan

3. Membuat Hubungan Semakin Mesra

Ciuman adalah salah satu cara menunjukkan perasaan cinta dan kasih sayang terhadap pasangan. Tak heran, aktivitas ini secara langsung bisa membuat hubungan pernikahan Anda menjadi semakin mesra.

Hal ini juga berhubungan dengan manfaat ciuman pertama tadi. Adanya hormon oksitosin yang dilepaskan membuat pasangan memiliki ikatan batin yang semakin erat sehingga juga akan meningkatkan kemesraan satu sama lain.

2 dari 4 halaman

4. Meningkatkan Gairah Seks

Selain organ vital, bibir juga merupakan bagian yang sensitif. Kulitnya yang tipis dan melapisi banyak ujung saraf, dapat membuat ciuman akan terasa sangat menyenangkan dan meningkatkan gairah seks.

Rangsangan saraf ini dapat menjadi pembuka jalan bagi Anda dan pasangan untuk melakukan hubungan intim.

5. Membangun Kepercayaan Diri

Manfaat ciuman selanjutnya adalah membangun rasa percaya diri. Mengapa demikian? Biasanya, setelah menikah bertahun-tahun, ada masa hubungan menjadi kurang mesra.

Muncullah pertanyaan, apakah ada kekurangan yang membuat pasangan menjadi kurang cinta? Ini tentunya membuat Anda jadi kurang percaya diri, bukan?

Inilah pentingnya membangun kembali kemesraan melalui ciuman. Karena ciuman membuat pasangan merasa senang, merasa diinginkan, merasa penting dan tentunya dicintai. Perasaan tersebut tentunya membuat Anda menjadi percaya diri.

Artikel Lainnya: Persiapan Malam Pertama yang Harus Dimiliki Pengantin Baru!

3 dari 4 halaman

6. Membantu Anda Melewati Tantangan Pernikahan

Setiap pernikahan pasti pernah mengalami perbedaan pendapat dan tidak jarang menimbulkan pertengkaran.  

Siapa sangka, berciuman bisa membantu Anda dan pasangan untuk menyelesaikan selisih pendapat tersebut.

Berciuman membuat Anda dan pasangan menjadi lebih tenang dan fokus sehingga Anda berdua dapat memikirkan solusi bersama dengan cara yang tidak agresif. 

Ternyata manfaat ciuman bagi pernikahan juga cukup banyak. Berciuman dapat membuat pernikahan menjadi lebih kuat dan mesra. 

Tidak hanya berdampak positif pada kesejahteraan emosional, ciuman juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh Anda.

Bagi Anda yang sudah menikah, yuk lebih sering berikan ciuman pada pasangan! Download aplikasi Klikdokter untuk info terbaru seputar kesehatan lainnya.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar