Sukses

Ternyata, Ini Fungsi Kulit bagi Tubuh

Sebagai bagian organ tubuh paling luar, kulit memiliki banyak peran yang amat penting. Apa saja fungsi kulit bagi tubuh?

Tak terbayangkan, apa jadinya bila manusia tidak mempunyai kulit? Kulit adalah bagian terluas dari tubuh Anda. Sekitar 7% berat Anda bahkan merupakan bagian dari kulit. Berikut adalah lima fungsi kulit bagi tubuh:

  1. Kulit sebagai alat proteksi

Kulit bertugas dalam menjaga bagian dalam tubuh terhadap gangguan fisik dari luar, gangguan kimiawi, gangguan yang bersifat panas, serta gangguan infeksi (terutama kuman atau bakteri dan jamur).

  1. Kulit sebagai alat ekskresi

Kelenjar-kelenjar kulit akan mengeluarkan zat sisa metabolisme berupa urea, natrium klorida, amonia, serta asam urat melalui pori-pori yang ada.

  1. Kulit sebagai indra peraba

Kulit mengandung ujung-ujung saraf sensoris di bagian dermis dan subkutan. Karena itu, kulit dapat merasakan panas, dingin, tekanan, serta rabaan.

  1. Kulit sebagai pengatur suhu tubuh manusia

Kulit melakukan peran ini dengan cara mengeluarkan keringat dan mengerutkan pembuluh darah.

  1. Kulit sebagai pembentuk pigmen

Sel pembentuk pigmen (melanosit) terletak di lapisan basal kulit. Jumlah melanosit dan besarnya butiran pigmen (melanosom) menentukan warna kulit seseorang. Semakin banyak maka warna, kulit pun akan semakin gelap. Paparan terhadap sinar matahari memengaruhi produksi melanosom.

Kulit memiliki banyak fungsi penting untuk kelangsungan hidup manusia. Untuk itu, jagalah kesehatan kulit Anda sejak dini.

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar