Sukses

Jangan Sampai Bau Kaki Bikin Keki

Bau tidak sedap yang muncul dari kaki pasti sangat mengganggu. Tapi, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meminimalkan bau tersebut. Simak selengkapnya di sini.

Ayo, siapakah di antara Anda yang malu melepas kaus kaki atau sepatu saat bertandang ke rumah kerabat? Bau kaki yang menyengat memang bisa membuat risih. Begitulah, bau kaki memang terkesan sepele tapi bisa bikin kepercayaan diri runtuh seketika.

Bau kaki paling sering disebabkan oleh kaki yang berkeringat dan penggunaan sepatu yang sama setiap hari. Kaki yang berkeringat dapat terjadi setiap saat, tidak bergantung oleh cuaca. Remaja dan wanita hamil biasanya lebih rentan karena perubahan hormonal membuat mereka berkeringat lebih banyak.

Selain itu, bau kaki bisa dipicu oleh beberapa kondisi yang membuat Anda berkeringat lebih banyak. Misalnya stres dan hiperhidrosis (berkeringat berlebihan). Infeksi jamur pada kaki juga bisa menyebabkan bau kaki.

Sebenarnya, mengapa keringat dapat menimbulkan bau pada kaki? Bakteri yang terdapat di permukaan kulit akan memecah keringat yang keluar dari pori-pori. Proses itulah yang akan membuat keringat menjadi bau. Di samping itu, keringat yang menempel pada kaus kaki atau sepatu, apabila tidak langsung dikeringkan dapat menyebabkan bau pada kaki.

Berikut ini beberapa kiat yang bisa Anda coba untuk mencegah bau kaki:

  • Hindari memakai sepatu yang sama selama 2 hari berturut-turut. Setelah sepatu tersebut digunakan, angin-anginkan sepatu paling tidak 24 jam.
  • Pastikan kaki kering sebelum menggunakan kaus kaki atau sepatu.
  • Ganti kaus kaki sesering mungkin.
  • Pastikan kuku kaki terjaga dengan bersih dan tidak ada kapalan. Kapalan pada kaki akan menjadi tempat ideal berkumpulnya bakteri.
  • Gunakan spray atau deodoran yang diperuntukkan khusus kaki.
  • Usahakan memakai sepatu yang terbuka untuk menjaga sirkulasi. Ketika di rumah, cobalah bertelanjang kaki.
  • Kalau ingin menggunakan sepatu tertutup, pilihlah sepatu yang berbahan kulit atau kanvas. Hindari menggunakan sepatu berbahan plastik.

Semoga kiat-kiat tersebut bisa membantu Anda untuk lebih menjaga kebersihan kaki, dan tentunya menghilangkan bau kaki yang membandel. Selamat mencoba!

[RS/RH]

0 Komentar

Belum ada komentar