Sukses

Kebiasaan Tidak Sarapan, Berisiko Naik Berat Badan

Anda biasa melewatkan sarapan karena sibuk? Atau sengaja melewatkan karena takut gemuk? Awas, jangan sampai Anda salah kaprah, masalahnya jika Anda melewatkan sarapan malah justru bisa meningkatkan berat badan Anda. Nih simak penjelasan dr. Adithia Kwee disini.

Klikdokter.com - Sarapan terkadang dianggap hal yang sepele oleh kita. Banyak sekali alasan yang dikemukakan jika diajukan pertanyaaan mengapa Anda tidak sarapan. Ada yang tidak sempat, buru-buru, bangun kesiangan, mual bila makan terlalu pagi, takut sakit perut saat beraktifitas, dan sebagainya.  

Siapa sangka ternyata sarapan bisa berpengaruh besar terhadap hari-hari kita. Sarapan adalah saat makan terpenting dibandingkan makan siang ataupun makan malam. Sarapan tidak hanya memberi kita tenaga untuk memulai hari kita, tetapi juga memberi manfaat bagi kesehatan, seperti mengontrol berat badan dan meningkatkan performa kita. (Baca: 5 Alasan untuk Sarapan)

Sarapan dapat meningkatkan konsentrasi, memberi tenaga untuk aktivitas fisik yang akan kita lakukan hari itu, dan dapat pula menurunkan kadar kolesterol kita. Sarapan terutama sangat bagus untuk anak-anak dan remaja.

Bagi Anda para ibu, sudahkah membiasakan anak Anda untuk sarapan pagi?

Lalu bagaimana caranya hanya dengan sarapan dapat membantu mengontrol berat badan?

1 dari 2 halaman

Kebiasaan Tidak Sarapan, Berisiko Naik Berat Badan

Bagaimana Sarapan Bisa Mengontrol Berat Badan?

Ternyata,  sarapan pagi dapat mengurangi rasa lapar sepanjang hari, dan membuat seseorang memilih makanan yang lebih sehat saat makan siang ataupun malam. Beberapa dari Anda mungkin meninggalkan sarapan dengan alasan takut gemuk, sehingga mengurangi asupan kalori dan Anda memilih untuk menguranginya di pagi hari. (Baca:Sarapan Porsi Besar Membantu Wanita Menurunkan Berat Badan)

Namun sayangnya cara ini kurang efektif karena ternyata dengan tidak sarapan, Anda akan merasa lebih lapar dan akan makan lebih banyak lagi saat makan siang atau malam.

Untuk mengontrol berat badan juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi tinggi protein di pagi hari. Selain bagus untuk otak sehingga meningkatkan konsentrasi dan preforma Anda, ternyata dengan mengkonsumsi protein maka tubuh kita akan mengeluarkan hormon penunda rasa lapar lebih lama daripada jika mengkonsumsi karbohidrat atau lemak.

Banyak sekali bukan manfaat dari sarapan? Mulai sekarang, biasakanlah diri Anda untuk sarapan

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar