Kesehatan Umum

3 Cara Bangun Tidur Tanpa Kopi

dr. Dewi Ema Anindia, 21 Okt 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menghindari konsumsi kopi berlebihan, terutama bagi Anda yang tergantung pada kopi untuk memulai hari. Simak selengkapnya bersama dr. Dewi Ema Anindia disini.

3 Cara Bangun Tidur Tanpa Kopi

Klikdokter.com - Di musin penghujan, terkadang keinginan kita untuk bangun tidur sangat susah, udara dingin, rentik-rentik air hujan serta langit yang gelap dapat membuat kita semakin malas untuk bangun tidur.

Namun saat Anda harus bangun tidur untuk bekerja, terkadang Anda dapat mengkonsumsi kopi berlebihan.

Sebaliknya, ternyata terlalu banyak kopi pun terkadang membuat tubuh menjadi semakin letih. Memang kopi dapat membuat kita melek, namun terlalu banyak konsumsi kopi dapat berakibat menggangu tidur serta kecemasan.

Nah, dibawah terdapat beberapa tips yang Anda dapat lakukan untuk menghindari konsumsi kopi berlebihan, terutama bagi Anda yang tergantung pada kopi untuk memulai hari.

3 Cara Bangun Tidur Tanpa Kopi

1. Minum Air

Saat bangun tidur, tubuh kita dalam keadaan dehidrasi ringan, dan hanya dehidrasi ringan saja dapat meningkatkan rasa lelah Anda.

Hidrasikanlah diri Anda dengan air putih yang dapat membantu mengalirkan adrenalin serta menghilangkan rasa lelah.

Mandi dengan air dingin juga membantu Anda menjadi lebih segar.

2. Makan Pagi

Makan pagi merupakan hal yang sangat penting untuk tubuh kita, saat Anda tidak makan pagi, maka perasaan Anda dalam sehari dapat buruk. Setelah beristirahat beberapa jam, mengkonsumsi makan pagi dengan nutrisi tinggi dapat membantu metabolisme tubuh, memberikan energy, dan membantu konsentrasi.

Tidak makan pagi dapat membuat Anda lapar sehingga membuat Anda mengkonsumsi makanan kecil yang tidak sehat. Cobalah makanan yang mengandung protein tinggi dan dikombinasikan dengan makanan tinggi serat seperti apel.

3. Aktif Bergerak

Saat Anda tidur malam, aliran darah di tubuh dapat mengalir tidak seimbang sehingga memicu sirkulasi yang buruk. Mulailah pagi Anda dengan berjalan cepat untuk mengalirkan endorphin di tubuh. Cobalah olahraga ringan saat Anda bangun tidur seperti sit-up.

 

kafeintidursehatkopibangun pagiEfek Minum Kopi

Konsultasi Dokter Terkait