Sukses

Nyeri Sendi, Pertanda Kurang Apa?

Nyeri sendi adalah keluhan yang umum dirasakan orang. Hal ini bisa dipicu oleh beberapa sebab. Apa saja sebab-sebabnya?

Nyeri sendi biasa dirasakan oleh Anda yang setiap harinya melakukan aktivitas berat. Tapi sebenarnya, bukan hanya aktivitas berat yang dapat memicu nyeri sendi. Kondisi tersebut bisa juga diakibatkan oleh gejala penyakit tertentu, misalnya artritis. Lalu, apa lagi hal-hal yang dapat menyebabkan nyeri sendi?

  1. Kurang olahraga

Olahraga akan membuat sendi dan otot mengalami adaptasi saat melakukan gerakan. Jika tidak pernah dilatih, maka saat Anda melakukan kegiatan yang sedikit lebih berat dari sebelumnya, sendi akan mengalami perubahan drastis yang dapat menyebabkan nyeri. Olahraga yang terlalu berat dan melebihi kemampuan berisiko membuat sendi cedera.

  1. Kurang kalsium

Nyeri sendi karena kurang kalsium erat kaitannya dengan osteoporosis yang biasa dialami oleh orang tua dan wanita yang sudah menopause. Osteoporosis juga memiliki tanda awal berupa nyeri sendi. Untuk mencegahnya, konsumsilah makanan dan minuman yang berkalsium tinggi serta suplemen yang mengandung kalsium.

  1. Kurang vitamin D

Seperti yang Anda ketahui, vitamin D berfungsi untuk membantu kalsium terserap sempurna oleh tulang dan gigi. Dengan demikian, kalsium dapat melakukan tugasnya dalam menjaga kesehatan tulang.

  1. Kurang mengontrol berat badan

Nyeri sendi yang penyebabnya bukan karena penyakit, kemungkinan besar terjadi akibat berat badan yang berlebih. Jika Anda tidak mengontrol berat badan, beban sendi khususnya sendi lutut akan terlalu berat. Hal inilah yang kemudian dapat memicu nyeri sendi.

Nah, untuk menghindari nyeri sendi yang terus-menerus, carilah penyebabnya agar penanganannya pun bisa dilakukan dengan tepat. Jangan ragu untuk berkonsultasi dan meminta bantuan kepada dokter.

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar