Sukses

Benarkah Bir Bisa Bikin Perut Buncit?

Bir sering dituding sebagai salah satu penyebab perut buncit. Cari tahu faktanya di sini.

Bagi sebagian orang, bir adalah minuman yang pas untuk menemani saat santai dengan para sahabat. Meski demikian, di balik kenikmatannya, tak sedikit yang menuding bir sebagai biang kerok penyebab perut buncit. Begitu kuatnya tudingan ini hingga memunculkan istilah beer belly. Anda pernah mendengarnya? Tapi apa benar hanya bir saja yang harus disalahkan saat perut mulai buncit?

Pada dasarnya, perut buncit disebabkan oleh lebih banyaknya jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh dibandingkan jumlah kalori yang dibakar (keluar). Bir bukanlah satu-satunya penyebab perut buncit. Sebab semua jenis makanan/minuman yang beralkohol dapat menjadi penyebabnya. Ini dikarenakan alkohol memiliki kalori dan kadar gula yang tinggi.

Penumpukan kalori akibat alkohol sangat mudah terjadi. Biasanya, seseorang memang sering tak menyadari berapa banyak jumlah alkohol yang dikonsumi. Ah, kami yakin, Anda pun mungkin tak pernah menghitung tegukan alkohol yang masuk ke mulut Anda. Tak hanya itu, alkohol juga meningkatkan nafsu makan. Teman santap alkohol pun biasanya makanan yang tinggi lemak –seperti piza, kentang goreng, maupun jenis gorengan lainnya.

Seorang ahli endokrin dan obesitas, Michael Jensen, menjelaskan bahwa konsumsi alkohol berhubungan erat dengan bertambahnya besar lingkar pinggang. Ini karena ketika Anda mengonsumsi alkohol, hati akan membakar alkohol, bukan lemak. Pria yang mengonsumsi alkohol berisiko lebih besar untuk mengalami perut buncit. Sedangkan pada wanita, beberapa studi masih menunjukan hasil yang berbeda-beda.

Jika ingin terhindar dari perut buncit, Anda harus mengurangi konsumsi alkohol –misalnya dengan memilih jenis alkohol rendah kalori. Anda pun harus membatasi konsumsinya, dengan hanya minum alkohol satu kali seminggu. Jika ini dilakukan, Anda bukan hanya terhindar dari perut buncit, tetapi juga dari kerusakan organ hati dan penyakit serius lainnya.

Semua jenis alkohol –termasuk bir– memang dapat menyebabkan perut buncit. Namun ini hanyalah satu dari sekian banyak faktor penyebab perut buncit lainnya. Jika Anda benar-benar ingin terhindar dari perut buncit, batasi konsumsi alkohol dari sekarang. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan sehat serta berolahraga secara rutin dan teratur.

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar