Sukses

Menilik Gejala Menopause

Perhatikan gejala-gejala menopause berikut ini agar Anda lebih waspada.

Menopause merupakan proses alami yang terjadi pada tubuh seorang wanita ketika memasuki usia 40 tahun ke atas. Kata menopause sendiri dapat diartikan sebagai perubahan yang terjadi pada wanita sebelum atau sesudah tidak mengalami menstruasi dalam hidupnya. Hal ini menandakan berakhirnya masa subur atau periode reproduksi seorang wanita.

Setiap wanita terlahir dengan sejumlah telur yang disimpan di dalam kedua ovarium. Ovarium juga menghasilkan hormon estrogen dan progesteron yang akan mengatur siklus menstruasi dan ovulasi (pengeluaran sel telur). Menopause terjadi ketika ovarium tidak lagi melepaskan telur setiap bulan dan berhentinya siklus menstruasi pada seorang wanita. Seseorang dapat dikatakan telah mengalami menopause setelah satu tahun sejak menstruasi terakhirnya.

Kebanyakan wanita yang mengalami menopause akan mengeluhkan beberapa gejala. Salah satunya rasa kepanasan yang muncul secara tiba-tiba dan menyebar ke seluruh tubuh, biasanya disertai kemerahan dan keluarnya keringat.

Gejala lain yang menandakan seorang wanita akan dan telah mengalami menopause ialah:

  1. Menstruasi yang tidak teratur hingga tidak menstruasi sama sekali
  2. Gangguan tidur
  3. Mood swings
  4. Kelelahan
  5. Depresi
  6. Sensitif
  7. Berdebar-debar
  8. Sakit kepala
  9. Nyeri otot dan sendi
  10.  Menurunnya libido
  11.  Vagina kering
  12.  Kesulitan mengontrol kandung kemih

Keluhan ini dapat berbeda-beda pada setiap wanita. Beberapa wanita dapat mengalami seluruh keluhan di atas. Tetapi beberapa lainnya mungkin hanya mengalami beberapa keluhan saja.  

Untuk memastikan apakah Anda mengalami menopause, konsultasikan gejala menopause yang dialami serta siklus menstruasi Anda kepada dokter. Setelah melakukan wawancara dan pemeriksaan fisik, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan darah untuk memastikannya.

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar