Sukses

Fakta Singkat Soal Menopause

Apa saja yang sudah Anda ketahui soal menopause? Atau, jangan-gangan Anda tak tahu apapun tentang menopause. Yuk, baca lebih lanjut di sini.

Menopause bisa jadi merupakan salah satu kondisi yang ditakuti banyak wanita. Pada umumnya, menopuse dialami pada usia 41-55 tahun, tergantung dari siklus reproduksi normal wanita tersebut. Pada beberapa kasus, menopause dapat terjadi lebih cepat atau yang dikenal dengan premature ovarian failure yang terjadi sebelum usia 40 tahun.

Berdasarkan data dari The American Pregnancy Association, sebanyak 1 dari 1.000 wanita usia 15-29 dan 1 dari 100 wanita usia 30-39 mengalami menopause dini. Pada beberapa kasus, menopause dini ini dapat disebabkan oleh tindakan operasi (seperti operasi pengangkatan ovarium) atau kerusakan oleh terapi radiasi.

Sebenarnya, apa itu menopause? Menopause merupakan proses yang alami pada tubuh wanita, di mana siklus menstruasi berhenti selama 12 bulan. Menopause rata-rata terjadi di usia 43-57 tahun, namun tidak ada cara yang pasti untuk memprediksi datangnya masa menopause. Selain itu, faktor keturunan juga berperan di sini; seseorang akan mengalami menopause pada usia tidak jauh berbeda dari ibunya.

Gejala-gejala yang biasanya dialami pada masa menopause, yaitu: hot flashes, menstruasi mulai tidak teratur hingga akhirnya berhenti, kekeringan pada vagina, gangguan mood, peningkatan berat badan dan metabolisme melambat, berkeringat pada malam hari, dan sebagainya.

Menopause memang sering kali menimbulkan gejala-gejala yang kurang nyaman. Untuk itu, Anda dianjurkan untuk sedari dini menjalani pola hidup sehat, seperti mengatur pola makan, mencukupi asupan kalsium, menghindari rokok, serta membatasi konsumsi kafein. Selain itu, jangan lupa untuk olahraga teratur minimal 30 menit setiap harinya.

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar