Sukses

Atasi Osteoartritis Lutut dengan Cara Ini

Osteoartritis lutut, atau yang dikenal dengan istilah pengapuran, termasuk jenis penyakit rematik yang sering dijumpai. Tidak perlu khawatir. Begini cara mengatasinya.

Rematik merupakan penyakit yang sangat menanggu kehidupan penderitanya. Osteoartritis lutut, atau yang dikenal dengan istilah pengapuran, termasuk jenis penyakit rematik yang sering dijumpai. Gejala yang muncul adalah nyeri, penurunan lingkup gerak sendi, kekakuan, dan kelemahan otot yang dapat mengganggu aktivitas  harian –seperti berjalan, berdiri, lari, naik turun tangga, maupun berjongkok.

Pentingnya Rehabilitasi Medik

Rehabilitasi medik merupakan salah satu cara untuk mengatasi gejala osteoartritis. Tujuannya adalah untuk menghindari atau mengurangi gangguan fungsi dan cacat, serta mengoptimalkan kemampuan fungsi agar dapat meningkatkan kualitas hidup dan kemandirian penderitanya.

Contoh peranan rehabilitasi medik dalam pengobatan osteoartritis adalah dengan memberikan edukasi mengenai aktivitas mana saja yang boleh dan tidak untuk dilakukan, serta mengajarkan terapi latihan untuk mengurangi gejala.

Jika penderita ingin mengurangi beban pada sendi lutut, hal yang harus diperhatikan adalah:

  1. Jogging bukan sebagai pilihan olahraga. Berenang dan bersepeda merupakan alternatif pilihan yang baik.
  2. Hindari naik-turun tangga.
  3. Duduk lebih baik daripada berdiri.
  4. Duduk di kursi yang lebih tinggi lebih baik daripada di sofa yang rendah.
  5. Hindari berlutut dan jongkok.
  6. Sebelum bangkit dari duduk, geserlah tubuh ke tepi kursi dengan posisi kaki di bawah. Kemudian gunakan tangan untuk mengangkat tubuh dan kursi.
  7. Menurunkan berat badan.

Latihan untuk Mengurangi Nyeri

Latihan pada osteoartritis lutut berguna untuk mengurangi nyeri, meningkatkan kekuatan otot lutut, mengurangi kekakuan otot, serta mempertahankan lingkup gerak sendi. Kegiatan ini terdiri dari latihan penguatan otot, latihan peregangan otot, serta latihan kebugaran, dengan penjelasan sebagai berikut:

  1. Latihan penguatan otot:
  • Duduk dengan kaki diluruskan. Letakkan gulungan handuk kecil di bawah lutut. Tekan handuk ke bawah menggunakan lutut.
  • Duduk di kursi dengan lutut menggantung, membentuk sudut 900. Kemudian luruskan lutut seperti pada gambar.
  1. Latihan peregangan otot:
  • Latihan peregangan otot paha depan dilakukan dengan berdiri di belakang kursi, dengan tangan memegang sandaran kursi. Kemudian tekuk salah satu lutut ke atas.
  • Latihan otot paha belakang dan betis dilakukan dengan gerakan mendorong tembok. Posisi kaki depan dan belakang harus segaris, dan kaki yang ototnya akan diregang diposisikan di belakang.
  1. Latihan kebugaran

Latihan ini dapat dilakukan dengan sepeda statis ataupun berenang.

Cara untuk mengatasi osteoartritis lutut di atas sangat sederhana dan mudah dilakukan, bukan? Meskipun demikian, dosis latihan setiap orang berbeda-beda tergantung kondisi yang dialami. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis rehabilitasi medik untuk mengetahui ketentuan dosis yang sesuai.

(NB)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar