Sukses

5 Hal yang Anda Temukan di Kota-Kota Tersehat di Dunia

Kota yang sehat akan membuat penduduknya lebih bugar dan bahagia. Apa yang menjadikan suatu kota dianggap sehat?

Kriteria kota yang sehat tidak hanya berkaitan dengan fisik kota tersebut. Orang-orang yang hidup di dalamnya juga harus berkualitas, saling mendukung satu sama lain dalam melakukan semua fungsi kehidupan, dan mampu memaksimalkan potensi mereka. Ingin tahu hal-hal apa yang dapat Anda temukan di kota-kota tersehat di dunia? 

  1. Angka tingkat harapan hidup yang tinggi

Kota-kota seperti Hong Kong dan Okinawa memiliki angka harapan hidup yang tinggi. Okinawa sangat memperhatikan kesejahteraan para lansianya dan tercatat sebagai kota yang paling banyak mempunyai kelompok lansia berumur 90 tahun ke atas. Bagi penduduk Okinawa, diet sehat dan bersosialisasi adalah cara terbaik untuk mengurangi stres.

  1. Memiliki program jaminan kesehatan gratis serta mencanangkan program seimbang antara hidup dan pekerjaan

Predikat kota tersehat di seluruh dunia dipegang oleh Kopenhagen, Denmark. Ini berhubungan dengan keseimbangan mereka dalam bekerja, Hanya 2% pegawai di kota tersebut yang bekerja lebih dari 40 jam per minggu. Tak heran bila penduduknya tercatat sebagai warga yang paling bahagia di dunia.

  1. Memiliki taman untuk berbagai jenis aktivitas

Minneapolis—Saint Paul, Amerika Serikat, memiliki taman untuk segalanya: untuk bersepeda, berjalan, bermain bola, bahkan taman khusus untuk anjing. Selain itu, terdapat juga banyak lapangan golf dan taman bermain untuk anak-anak. Populasi para pengguna sepeda pun meningkat, sehingga menjadikan Minneapolis salah satu negara bagian yang memiliki tingkat polusi udara paling rendah.

  1. Memiliki sistem transportasi umum terbaik dengan pembuangan emisi paling rendah

Contohnya adalah Tokyo. Kota ini juga berusaha mengurangi emisi dengan memperluas zona perjalan kaki dan menghidupkan program bike sharing. Di samping itu, banyak ruang terbuka tempat masyarakat melakukan olahraga, dan pengaturan kota juga sangat rapi dan bersih.

  1. Memiliki udara yang sangat bersih

Faktor kebersihan udara dapat menentukan kualitas hidup suatu penduduk kota. Vancouver dan Calgary, Kanada, dinyatakan sebagai kota-kota yang memiliki kualitas udara terbaik di dunia. Udaranya bersih dan ‘hijau’ sepanjang tahun. Pada musim dingin, penduduknya bisa melakukan olahraga ski dan snowboard. Jika musim panas dapat bersepeda pada jalurnya, ski air, ataupun golf. 

Kira-kira, kapan kota-kota di Indonesia dapat menjadi salah satu kota tersehat di dunia?

[RS]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar