Pernapasan

Batuk Tak Kunjung Sembuh, Ada Apa Ini?

dr. Irma Rismayanty, 11 Okt 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Batuk kerap dianggap remeh, bahkan saat tak kunjung sembuh. Padahal kondisi ini sangat berbahaya.

Batuk Tak Kunjung Sembuh, Ada Apa Ini?

Batuk dapat menyerang segala usia, mulai dari bayi sampai dengan orang lanjut usia. Meski tak kunjung sembuh, batuk kerap dianggap sebagai suatu hal yang remeh. Padahal batuk yang tak kunjung sembuh atau berlangsung selama 8 minggu atau lebih dapat digolongkan menjadi batuk kronik.

Terdapat tiga hal tersering yang menyebabkan batuk tak kunjung sembuh. Penyebab ini dapat terjadi sendiri ataupun gabungan dari beberapa penyebab lainnya. Berikut 3 penyebab batuk tak kunjung sembuh tersering:

  • Adanya penyakit postnasal drip syndrome

Selain batuk, gejala yang sering timbul akibat penyakit ini adalah adanya sensasi tetesan sekret rongga hidung di belakang tenggorokan (seperti ada yang mengganjal di tenggorokan).

  • Penyakit asma

Gejala batuk karena asma biasanya disertai dengan sesak dan mengi. Penyakit ini disebabkan akibat terpapar sumber alergen –seperti udara, infeksi, makanan, polutan dan lainnya. Penderita dengan asma harus segera ditangani. Jika tidak, penderita akan mengalami gagal napas akibat sumbatan yang disebabkan oleh proses peradangan yang berlangsung lama.

  • GERD (Gastro-esophageal Reflux Disease)

Ciri khas dari GERD adalah batuk yang disertai dengan gejala pencernaan –seperti rasa panas di dada dan suka mendeham atau bersendawa.

Adapula beberapa kondisi lain yang juga dapat menyebabkan batuk tak kunjung, yakni:

Batuk yang tak kunjung sembuh sembuh membutuhkan kedisplinan dalam penanganannya. Tak jarang, kondisi ini membutuhkan serangkaian pemeriksaan penunjang –seperti pemeriksaan darah, dan rontgen. Jika dibutuhkan, pemeriksaan bronkoskopi, sputum, spirometri, CT Scan dan lainnya juga mungkin dilakukan guna mendapatkan diagnosis secara pasti.

Berdasarkan ulasan di atas, batuk yang tak kunjung sembuh bukanlah hal yang patut disepelekan. Karena banyak risiko yang dapat diakibatkan oleh kondisi ini. Oleh sebab itu, jika Anda memiliki keluhan batuk yang tak kunjung sembuh selama 8 minggu atau lebih, sebaiknya segera bawa diri ke dokter untuk mendapatkan tata laksana yang tepat dan sesuai.

(NB)

Baca Juga:

BatukTBCParu

Konsultasi Dokter Terkait