Sukses

Waspada, Berciuman Bisa Sebabkan Penyakit Ini!

Bagi sepasang kekasih, ciuman merupakan salah satu wujud kasih sayang. Meskipun terlihat wajar, tahukah Anda bahwa ciuman berbahaya bagi kesehatan?

Pasangan kekasih mana yang tak pernah berciuman? Ini adalah salah satu wujud kasih sayang antar pasangan. Meskipun terlihat wajar, tahukah Anda bahwa ciuman berbahaya bagi kesehatan?

Mengapa Berbahaya?

Berciuman dapat menjadi media perantara pertukaran penyakit. Sebab ciuman yang dilakukan selama 10 detik saja bisa memindahkan 80 juta bakteri maupun virus. Dengan demikian, risiko Anda terserang penyakit akibat infeksi virus atau bakteri semakin tinggi. Beberapa penyakit yang bisa terjadi akibat berciuman, yakni:

  • Citomegalovirus (CMV)

Citomegalovirus menyebar melalui cairan ludah, darah, urin, semen dan air susu ibu (ASI). Penyakit ini jarang menimbulkan gejala, sehingga sebagian besar penderitanya tidak menyadari bahwa dirinya terinfeksi. Virus CMV yang sudah masuk ke dalam tubuh akan selamanya menetap, dengan kondisi yang tidak aktif. Virus akan aktif jika penderita mengalami penurunan daya tahan tubuh.

  • Epstein-Barr Virus (EBV)

Epstein-Barr Virus menyebar melalui cairan ludah penderitanya. Oleh karena itu, berciuman merupakan salah satu faktor risiko utama penyebaran penyakit ini. Virus ini dapat menyebabkan infeksi mononucleosis dan penyakit kanker nasofaring.

  • Herpes oral

Herpes oral atau herpes simpleks-1 merupakan infeksi pada daerah mulut, bibir dan gusi akibat virus herpes. Penyakit ini dapat menular jika Anda berciuman dengan penderitanya, atau virus masuk melalui luka di kulit sekitar mulut.

  • Polio

Penyakit polio disebabkan oleh virus. Virus ini menyebar melalui kontak dengan air liur penderita, makanan atau air yang terkontaminasi dengan kotoran penderita.

  • Gondongan

Gondongan (mumps) merupakan penyakit yang dapat menyebar melalui inhalasi udara atau dari cairan tenggorokan penderita.

  • Campak

Penyakit campak disebabkan oleh virus yang disebarkan melalui inhalasi udara saat penderita bersin ataupun batuk. Cairan tubuh penderita pun juga demikian, sehingga ciuman kerap menjadi media pertukaran penyakit ini.

  • Influenza

Penyakit influenza dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan penderita melalui berciuman atau melalui inhalasi udara saat bersin.

  • Hand, foot and mouth disease (HMFD)

Penyakit ini disebabkan oleh virus coxsackie. Virus ini dapat menyebar melalui luka terbuka di daerah mulut saat berciuman, atau melalui fekal oral (feses ke mulut) –misalnya akibat mengganti popok anak.

  • Meningitis

Meningitis disebabkan oleh infeksi bakteri maupun virus. Berciuman dapat mengakibatkan terjadinya penyakit ini. Gejala yang timbul akibat meningitis adalah demam, sakit kepala, leher kaku, mual dan muntah.

  • Periodontitis

Periodontitis merupakan penyakit akibat plak mengandung bakteri dan sisa makanan yang menyebar ke bawah gusi. Penderita periodontitis dengan gejala gusi berdarah dapat menularkan bakteri pencetus kepada orang lain dengan berciuman.

Siapa sangka, berciuman ternyata berbahaya. Untuk itu, jika Anda ingin berciuman dengan pasangan secara aman, jagalah kebersihan rongga mulut secara ketat. Selain itu, jika Anda sedang merasa tidak enak badan, sebaiknya hindari berciuman agar pasangan tidak tertular penyakit yang sama.

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar