HomeInfo SehatGinjal dan Saluran KemihSering Beser? Atasi dengan Alat Ini
Ginjal dan Saluran Kemih

Sering Beser? Atasi dengan Alat Ini

dr. Muhammad Anwar Irzan, 08 Okt 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Beser terus-menerus memang bisa bikin risih. Tapi jangan khawatir! Ada beberapa alat yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi kondisi tersebut.

Sering Beser? Atasi dengan Alat Ini

Banyak pria mengalami masalah beser, mungkin Anda salah satunya. Ada yang mengatasinya dengan menggunakan popok dewasa, kantong urine, ataupun kateter. Meskipun tidak nyaman, alat-alat tersebut memang sangat membantu.

Dengan begitu, Anda tidak lagi harus merasa malu dalam kehidupan sosial. Kualitas hidup pun menjadi lebih baik, serta meningkatkan rasa percaya diri.

Berikut ini alat-alat penunjang yang dapat Anda gunakan untuk menangani beser:

  1. Kateter eksternal

Kateter eksternal menyerupai kondom dan terbuat dari silikon atau lateks. Kateter ini digunakan pada penis, bukan dimasukkan ke dalam uretra seperti kateter biasanya. Beberapa orang hanya menggunakan alat ini pada malam hari.

  1. Kantong urine

Pada dasarnya, alat ini hanyalah kantong urine yang tersambung pada kateter Anda. Bisa diletakkan pada perut atau kaki, ataupun pada pinggir tempat tidur Anda.

  1. Underpads

Alat ini merupakan bantalan yang tahan air. Dapat ditempatkan pada kasur agar urine Anda tidak mengenai sekeliling. 

  1. Plastic urinal

Pada beser tipe urge (urge incontinence) di mana keinginan berkemih sangat kuat dan mendadak, plastic urinal bisa sangat membantu. Bentuknya seperti wadah plastik sehingga Anda bisa buang air kecil di dalamnya. Anda dapat menyimpannya di tempat tidur dan mobil (ini berguna saat Anda berada pada kemacetan dan ingin buang air kecil).

  1. Klem penis

Klem penis merupakan alat penahan tekanan yang dapat digunakan pada kondisi beser, terutama pada beser tipe stres (genuine stress incontinence). Klem ini mudah digunakan dan memiliki bagian berbusa yang berfungsi untuk menahan aliran urine. Namun, ada beberapa masalah yang bisa timbul pada penggunaannya, yaitu gangguan sirkulasi ataupun iritasi pada kulit.

Jika Anda ingin menggunakan alat-alat di atas, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu dengan dokter. Hal ini penting karena beberapa alat harus dicoba di depan dokter untuk penggunaan yang tepat.

[RS/RH]

BeserAtasi BeserAlat Penunjang

Konsultasi Dokter Terkait