Sukses

4 Kerusakan Mata yang Disebabkan Matahari

Ternyata, matahari tidak hanya dapat merusak kulit tetapi juga mata. Baca selengkapnya di sini.

Paparan sinar matahari tidak hanya dapat memengaruhi kulit Anda. Namun juga dapat memengaruhi organ tubuh lain, termasuk mata. Berikut ini beberapa masalah mata yang dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari yang terlalu lama:

  1. Katarak dan Pterigium

Paparan sinar matahari dalam jangka waktu lama dapat meningkatkan risiko terjadinya katarak dan pterigium.

Katarak adalah suatu kondisi kekeruhan pada lensa mata. Hingga saat ini, katarak adalah penyebab kebutaan utama di dunia yang dapat diobati.

Pterigium adalah pertumbuhan fibrovaskular (lapisan serabut dan pembuluh darah) konjungtiva (lapisan putih di mata) yang bersifat degeneratif dan invasif. Diduga keluhan ini disebabkan oleh iritasi kronis akibat debu, sinar matahari, dan udara yang panas. Penyebabnya memang tidak diketahui dengan jelas, namun kemungkinan merupakan suatu radang dan degenerasi (proses menua). 

  1. Luka Bakar

Sama seperti luka bakar pada kulit, sinar ultraviolet matahari yang berlebihan juga dapat menyebabkan luka bakar pada permukaan mata. Luka bakar pada permukaan mata tersebut bersifat sementara, namun dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa pada mata.

  1. Luka Parut pada Retina

Retina adalah bagian mata paling belakang untuk menerima gambar penglihatan. Melihat matahari secara langsung dapat menyebabkan terjadinya luka parut pada lapisan retina. Hal tersebut dapat mengakibatkan kebutaan, karena bagian mata yang penting ini tidak lagi dapat menerima gambar penglihatan dengan baik.

  1. Kanker Mata

Paparan sinar matahari berlebihan juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker pada kelopak mata dan daerah sekitar mata. Anda dapat menggunakan kacamata surya untuk melindungi mata. Pastikan kacamata tersebut memberikan perlindungan terhadap sinar ultraviolet. Selain itu, pikirkan juga untuk melindungi bagian samping mata Anda. Untuk itu, pilihlah kacamata surya yang memiliki lengan kacamata yang cukup lebar untuk melindungi bagian samping mata.

Setelah memahami dengan baik berbagai jenis penyakit mata akibat matahari, semoga Anda dapat lebih menjaga diri dan memastikan kelancaran aktivitas Anda.

(TT/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar