Sukses

6 Gejala Hamil Muda yang Perlu Anda Ketahui

Sudah terlambat haid, tapi masih belum yakin hamil? Kenali gejala hamil muda berikut ini untuk dapat memastikannya!

Sinta sudah terlambat haid 1 minggu. Padahal, biasanya siklus menstruasinya selama ini selalu tepat waktu. Perasaan bingung bercampur baur dengan deg-degan, apakah ia hamil?

Melakukan tes kehamilan dengan urine memang merupakan cara yang paling tepat dan akurat untuk menentukan kehamilan. Meskipun demikian, tidak ada salahnya untuk mengenal gejala-gejala hamil muda, agar dapat mengetahui apakah Anda hamil atau tidak.

Gejala-gejala hamil muda yang dialami dapat berbeda-beda untuk tiap wanita. Namun, kurang lebih gejala umum yang dirasakan oleh wanita yang sedang hamil muda adalah sebagai berikut:

1 dari 7 halaman

Mudah Lelah

Gejala mudah lelah dapat mulai dirasakan oleh wanita ketika usia kandungannya berumur 1 minggu. Mudah lelah dapat disebabkan oleh anemia, tekanan darah rendah, dan kadar gula darah yang rendah. Namun jika hemoglobin, tekanan darah, dan kadar gula Anda normal, ada kemungkinan penyebab mudah lelah yang Anda alami disebabkan oleh kehamilan –apalagi jika gejala tersebut dibarengi dengan terlambat haid.

2 dari 7 halaman

Mual Muntah

Mual muntah –terutama di pagi hari– adalah gejala yang paling umum dialami oleh wanita yang sedang hamil muda. Bagi sebagian kecil wanita, gejala ini juga dapat memanjang hingga trimester kedua, ketiga, bahkan sepanjang kehamilan. Walau demikian, tidak semua wanita mengalami hal tersebut. Selain itu, mual muntah juga dapat dialami sepanjang hari, tidak hanya pada pagi hari saja.

3 dari 7 halaman

Perubahan Payudara

Wanita hamil dapat mengalami perubahan payudara, yaitu menjadi terasa lebih besar dan penuh, lebih sensitif, dan agak nyeri jika disentuh. Hal ini terjadi karena perubahan hormonal dalam tubuh wanita yang sedang hamil muda.

4 dari 7 halaman

Sering Berkemih

Wanita yang hamil muda akan merasakan harus lebih sering bolak-balik ke toilet. Hal ini selain dikarenakan volume urine yang memang bertambah banyak, rahim yang semakin membesar juga menekan kandung kemih, sehingga lebih cepat merasakan sensasi ingin buang air kecil. Umumnya gejala ini mulai terjadi pada kehamilan usia 6 hingga 8 minggu.

5 dari 7 halaman

Sulit Buang Air Besar

Jika pembuangan urine wanita hamil dirasakan terlalu lancar, hal yang sebaliknya terjadi pada buang air besar. Karena hormon progesteron yang semakin meningkat seiring bertambahnya usia kehamilan, gerakan saluran cerna pun melambat. Hal ini menyebabkan wanita hamil kerap mengalami sulit buang air besar. Gejala ini sering kali dibarengi dengan sensasi perut kembung dan begah.

6 dari 7 halaman

Perubahan Suasana Hati

Sama seperti menjelang menstruasi, wanita hamil pun mengalami perubahan hormonal yang cukup signifikan. Hal ini berdampak kepada perubahan suasana hati atau mood. Wanita hamil mudah sekali mengalami perubahan mood yang drastis dan signifikan. Kadang merasa sedih, lalu senang, dan sebagainya.

Bagaimana? Anda sudah mulai bisa mengenali gejala-gejala di atas pada diri Anda? Semoga kehamilan Anda berjalan lancar, ya.

[RS]

 

2 Komentar

  • Wàhidatun Nâenì

    saya mengalami gejala spt di atas,tp blm mens sampai tgl 28 des,,biasanya di tgl 25^ setiap blnnya sy jg sdng terkena asam lambung ,trus klo say mngonsumsi obat apa bisa berpengaruh pd gjl khmilan atau tdk.

  • Maryati Love Shiren

    Saya telat 10 hari , tpi saya blm di Tespack , gejala nya sama seperti yg di atas , seperti ini mudah lelah , perubahan payudara , sering berkemih , sulit buang air besar , kepala kadang2 pusing ,kadang2 tidak pusing , dan perubahan suasana hati , tanda yg saya alami itu apakah saya hamil atau tidak