HomeIbu Dan anakTips ParentingThe Hold: Cara Ajaib untuk Hentikan Tangisan Bayi
Tips Parenting

The Hold: Cara Ajaib untuk Hentikan Tangisan Bayi

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons, 03 Okt 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tangisan bayi mengandung banyak makna. Tak jarang para ibu bingung menerjemahkannya dan menenangkan bayi. Akan tetapi, kini permasalahan itu bisa diatasi dengan sederhana.

The Hold: Cara Ajaib untuk Hentikan Tangisan Bayi

Memiliki bayi merupakan pengalaman yang menakjubkan. Namun, banyak orangtua yang kebingungan ketika bayi menangis dan sulit untuk ditenangkan. Anda termasuk salah satu dari mereka?

Dr. Robert C. Hamilton, seorang dokter anak dari California, memperkenalkan sebuah teknik baru yang disebut “The Hold”. Konon, teknik ini bekerja secara ajaib dan dapat langsung menghentikan tangisan bayi –bahkan dalam waktu kurang dari 10 detik. Awalnya, Robert menerapkan “The Hold” di tempat praktiknya. Beberapa orangtua pasien diajarkan dan berhasil menenangkan bayi mereka di rumah.

Pada akhir tahun 2015, Robert mengunduh video “The Hold” di YouTube. Video ini kemudian menjadi pembicaraan orang dengan penonton sebanyak 1.6 juta dalam 3 hari. Hingga sekarang, jumlah penonton video telah mencapai 20-an juta.

Berikut adalah tahap-tahap pada teknik “The Hold”:

  1. Lipat tangan bayi di depan dada
  1. Jaga dan tahan tangan bayi dengan lembut
  1. Genggam bagian bokong atau popok bayi dengan lembut
  1. Ayunkan bayi dengan lembut ke atas dan bawah dengan posisi miring 45 derajat. Kemudian goyangkan bagian bokong atau popok bayi dengan lembut

Lewat tayangan Fox News, Robert menjelaskan mengapa “The Hold” dapat efektif menenangkan bayi. Dengan mengayunkan bayi ke atas dan ke bawah, Anda membuat bayi merasa penuh atau kewalahan secara neurologis.

Namun, ada tiga alasan yang dapat menyebabkan “The Hold” tidak berhasil. Pertama, bayi tidak sehat. Kedua, bayi sedang lapar, dan ketiga, popok bayi sudah penuh dan kotor. “The Hold” efektif untuk menenangkan bayi berusia 1-3 bulan. Untuk bayi di atas 3 bulan kurang dianjurkan, karena bayi sudah terlalu berat untuk mempertahankan posisi “The Hold”.

Menurut Dr. Stephen Cook, seorang profesor anak dari New York, “The Hold” meliputi teknik swaddling dan swingging yang berasal dari metode terkenal Five Ssyang dikembangkan oleh Dr. Harvey Karp. Teknik swaddling adalah membungkus tangan dan kaki bayi dengan selimut untuk mengurangi kerewelan. Sedangkan, teknik swingging dilakukan dengan mengayunkan bayi, atau membuat kondisi seperti saat bayi berada di dalam rahim (terayun oleh cairan ketuban).

“The Hold” sudah banyak membantu dan terbukti efektif. Tertarik mencobanya?

(TT/RH)

Mendidik AnakParentingBayiThe HoldTangisan

Konsultasi Dokter Terkait