Sukses

6 Langkah Periksa Payudara Sendiri

Memperingati bulan peduli kanker payudara, yuk periksa payudara sendiri sebelum terlambat!

Bulan Oktober menjadi bulan peduli kanker payudara, yang disimbolkan dengan pita merah muda. Kanker payudara adalah kanker yang menyerang kelenjar, saluran, dan jaringan penunjang dalam payudara. Kanker ini umum menyerang wanita usia subur dan biasanya baru menimbulkan keluhan setelah stadium lanjut.

Menurut data GLOBOCAN (IARC) tahun 2012, kanker payudara merupakan penyakit kanker dengan persentase kasus baru tertinggi di Indonesia, yakni sebesar 43.3% dengan persentase kematian sebesar 12.9%. Penanganan sedini mungkin sangat penting dalam mengatasi kanker payudara. Untuk itu, penting bagi seorang wanita untuk mengetahui dan bisa melakukan SADARI.

Tentang SADARI

SADARI merupakan singkatan dari Pemeriksaan Payudara Sendiri. Dengan SADARI, wanita diharapkan mampu mendeteksi adanya perubahan pada payudara dan dapat segera memeriksakan diri ke dokter. Jika pada saat melakukan SADARI, ditemukan benjolan pada payudara atau perubahan dibandingkan bulan sebelumnya, itulah tanda untuk memeriksakan diri ke dokter.

SADARI dianjurkan untuk dilakukan setiap satu bulan sekali. Lakukan setiap setelah selesai haid, dan dapat dimulai sejak pertama mendapatkan haid atau sejak usia 12 tahun.

Cara Melakukan SADARI

Berikut adalah langkah-langkah SADARI yang bisa Anda lakukan di rumah:

  1. Mulai pemeriksaan dengan berdiri di depan cermin. Angkat kedua tangan dan periksa apakah ada perubahan warna seperti kemerahan, kulit mengerut seperti kulit jeruk, atau bengkak pada payudara.
  2. Letakkan kedua tangan di pinggang dan periksa payudara seperti pada langkah pertama.
  3. Angkat satu tangan dan periksa payudara di sisi tangan tersebut dengan tangan yang lainnya. Tekan payudara dari atas ke bawah, mulai dari sisi yang paling luar kemudian mengarah ke dalam dengan tiga jari yang dirapatkan. Rasakan apakah ada benjolan.
  4. Dalam posisi yang sama, lanjutkan dengan menekan payudara secara melingkar (seperti spiral). Periksa payudara seperti pada langkah sebelumnya.
  5. Tekan payudara ke arah puting dengan kedua tangan seperti memijat dan lihat apakah ada cairan yang keluar.
  6. Pada posisi berbaring, lakukan kembali pemeriksaan.

Demikianlah enam langkah SADARI. Sangat mudah dan dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Ayo, kenali tubuh Anda dan jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter jika menemukan sesuatu yang janggal.

[RS]

Baca Juga:

 

0 Komentar

Belum ada komentar