Sukses

Tips Sehat Sebelum Berwisata ke Bangkok

Dengan budaya yang kaya dan kuliner yang sangat bervariasi, Bangkok menjadi salah satu tujuan wisata favorit orang Indonesia. Apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum berlibur ke Bangkok?

Sebentar lagi Anda akan berlibur ke Bangkok. Anda pun sudah menyiapkan segudang kegiatan, yaitu mengunjungi kuil-kuil, berkuliner, berbelanja di Pasar Chatuchak, dan sebagainya. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan dengan baik sebelum terbang ke Bangkok. Berikut ini beberapa kiat yang dapat membantu memastikan kesehatan tetap optimal saat liburan:

1. Sediakan masker secukupnya

Seperti halnya kota metropolitan pada umumnya, Bangkok identik dengan jalanan yang penuh kendaraan bermotor. Hal ini meningkatkan risiko bagi para pejalan kaki untuk terpapar debu dan polusi udara. Dengan menggunakan masker, Anda dapat terlindungi dari hal-hal yang dapat memicu timbulnya keluhan saluran pernapasan.

2. Hindari makanan pedas

Bangkok juga terkenal akan kulinernya yang beragam, apalagi banyak sekali variasi makanan pedas di sana. Bila Anda memiliki riwayat mag dan ingin mengonsumsi makanan pedas, perlu dicatat bahwa kemungkinan untuk kambuh tentu ada. Jadi, berhati-hatilah dalam memilih makanan.

3. Siapkan obat-obatan

Berkeliling di kota besar seperti Bangkok dari pagi hingga malam dapat membuat orang merasa lelah. Berjaga-jagalah dengan menyediakan  beberapa obat yang mungkin akan dibutuhkan, misalnya obat nyeri kepala. Nantinya Anda tidak perlu kesulitan mencari apotek bila tiba-tiba merasakan keluhan sakit.

4. Gunakan alas kaki yang nyaman

Karena Bangkok merupakan kota yang tergolong besar, tentunya Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu di perjalanan. Bila Anda adalah tipe turis yang menyukai berjalan kaki, disarankan untuk membawa alas kaki yang nyaman. Alas kaki yang terlalu sempit dapat menimbulkan luka pada kaki, dan akibatnya Anda tidak menikmati liburan dengan maksimal.

5. Istirahat cukup

Di sela-sela kegembiraan berlibur, pastikan Anda memiliki alokasi waktu yang cukup untuk istirahat. Tidur malam sekitar 7-8 jam setiap harinya dapat membuat Anda terbangun dengan segar. Efeknya, Anda pun menjadi lebih semangat untuk berjalan-jalan.

6. Terapkan pola makan teratur

Saat berwisata, terkadang orang bisa lupa makan karena terlalu asyik berkeliling. Tetaplah menjaga pola makan secara teratur, agar Anda memiliki cukup energi untuk berkeliling. Bila memungkinkan, bawalah kotak makan sendiri.

7. Minum air dengan cukup

Udara Bangkok yang tropis dan lembap dapat membuat Anda cepat berkeringat dan merasa haus. Pastikan Anda selalu membawa botol minuman untuk menggantikan cairan yang hilang, mencegah dehidrasi, serta sebagai penambah daya.

Demikian kiat-kiat yang dapat dilakukan bagi Anda yang hendak berwisata ke Bangkok. Dengan menerapkan hal-hal di atas, diharapkan kesehatan Anda dapat tetap optimal sehingga waktu berlibur bisa dinikmati sepenuhnya.

(TT/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar