Sukses

Yoga untuk Jantung Sehat

Selain untuk menjaga kebugaran fisik dan mental, yoga ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Kini yoga semakin digandrungi, baik oleh orang dewasa maupun anak-anak. Selain untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar, yoga juga bermanfaat untuk menciptakan pikiran yang lebih rileks.

Dengan ritme hidup modern cepat dan penuh tantangan, tak sedikit orang yang mengalami stres dan kepenatan. Mengingat hal tersebut, yoga dirasakan dapat menjawab kebutuhan masyarakat zaman sekarang.

Yoga berasal dari India kuno, di mana mereka awalnya mempraktikkan yoga dalam rangka spiritual dan untuk mendapatkan kedamaian. Namun, yoga kini beralih fungsi sebagai olahraga populer yang bermanfaat untuk menyehatkan raga dan pikiran.

Telah banyak penelitian yang melaporkan bahwa yoga dapat bermanfaat untuk kesehatan jantung, baik untuk mencegah terjadinya penyakit jantung maupun untuk mencegah perburukan bagi mereka yang telah mengidap penyakit tersebut.

Jantung Sehat Berkat Yoga

Ada banyak faktor risiko yang dapat menyebabkan penyakit jantung, seperti kegemukan, kolesterol tinggi, hipertensi, diabetes, stres, kurang olahraga, dan kurang tidur. Dengan melakukan yoga, diharapkan faktor-faktor risiko tersebut dapat diatasi.

Menurut dr. Mala Cunningham, pendiri program Cardiac Medical Yoga, yoga dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan kapasitas paru, memperbaiki fungsi pernapasan, denyut jantung, dan sirkulasi, serta meningkatkan tonus otot.

Cunningham menambahkan bahwa yoga juga bermanfaat bagi orang yang sudah memiliki penyakit jantung. Selain memperbaiki kapasitas jantung dan paru, yoga dapat menjauhkan stres yang umumnya dialami oleh para penderita penyakit jantung.

Manfaat yoga dapat diperoleh rata-rata setelah dilakukan selama 12 minggu secara rutin.

Senada dengan Cunningham, dr. Hugh Calkins dari Fakultas Kedokteran John Hopkins, Amerika Serikat, setuju bahwa yoga memang bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung dan membantu mereka yang sedang dalam pemulihan dari penyakit tersebut.

Menurut Calkins, berbagai studi telah melaporkan adanya penurunan kadar kolesterol dan lingkar perut pada mereka yang rutin melakukan yoga. Studi lain juga mengemukakan penurunan risiko atrial fibrilasi (kelainan irama jantung) pada mereka yang rutin melakukan yoga dua kali seminggu selama delapan minggu.

Bahkan, ada studi yang melaporkan bahwa yoga dapat membantu orang untuk berhenti merokok. Seperti yang Anda ketahui, merokok adalah salah satu faktor risiko utama dari penyakit jantung.

Yuk, mulai gaya hidup sehat dengan berlatih yoga!

[RS]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar