Sukses

4 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Melahirkan

Ingin tahu apa saja yang perlu Anda persiapkan sebelum melahirkan? Simak selengkapnya di sini.

Sebelum melahirkan, nasihat yang diberikan oleh ibu, kakak, atau teman yang telah berpengalaman melewati proses melahirkan tentu sangat berguna. Namun jika Anda tidak memiliki akses untuk mendapatkan informasi tersebut, jangan khawatir! Berikut hal-hal yang sepertinya sepele –namun penting– yang perlu Anda ketahui sebelum melahirkan.

  1. Tentukan Metode Persalinan

Hal pertama dan penting yang perlu Anda lakukan adalah memastikan metode persalinan yang akan dijalani; apakah melahirkan normal, normal dengan epidural, atau operasi caesar.

Jika dokter mengatakan kehamilan Anda normal, maka kemungkinan besar Anda dapat melahirkan secara normal. Namun sebelumnya, sebaiknya pastikan bahwa ukuran panggul Anda muat. Anda dapat mengetahuinya melalui pemeriksaan dalam oleh dokter kandungan. Kondisi mata Anda pun sebaiknya memungkinkan (periksa terlebih dahulu ke dokter mata).

Apabila ingin metode melahirkan yang alami namun dengan rasa sakit yang lebih minimal, Anda dapat memilih prosedur epidural. Prosedur tersebut mirip seperti anestesi spinal pada operasi caesar, di mana obat akan disuntikkan pada tulang belakang Anda.

  1. Pengetahuan Dasar Menyusui

Rata-rata ibu –terutama ibu baru– akan mengalami perjuangan dalam memberikan ASI kepada bayi. Oleh karena itu, akan sangat baik jika Anda mengetahui terlebih dahulu dasar-dasar seputar menyusui. Hal ini dapat diperoleh dari internet –dari sumber terpercaya– konsultan laktasi, atau dokter.

Perlu diketahui, waktu keluarnya ASI berbeda-beda untuk setiap wanita. Ada yang ASI-nya sudah menetes sebelum melahirkan, namun ada pula yang baru keluar pada hari ketiga setelah melahirkan. Jika ASI Anda lama keluar atau sedikit, jangan berkecil hati. Percayalah bahwa 90% wanita mampu memberikan ASI eksklusif pada bayinya. Tenangkan pikiran Anda dan bersyukurlah atas segala sesuatu yang dimiliki saat ini. Selain rajin menyusui atau memompa ASI setiap 2-3 jam sekali, mengonsumsi makanan bergizi, minum air cukup, perasaan yang bahagia, damai, dan tenang akan membuat ASI Anda mengalir deras.

  1. Kelas Senam Hamil

Bagi Anda yang merencanakan melakukan persalinan normal, mengambil kelas senam hamil setelah kandungan berusia 36 minggu akan sangat membantu. Dalam kelas tersebut, Anda diajak untuk melakukan senam ringan, mengatur pernapasan, dan relaksasi. Bagi mereka yang telah memasuki 38 minggu juga diajarkan cara mengejan dan teknik pernapasan yang nanti akan sangat berguna saat akan melahirkan.

  1. Persiapkan Koper

Memasuki minggu ke-35 kehamilan, akan lebih baik jika Anda sudah mempersiapkan satu koper berisi pakaian dan segala perlengkapan yang akan dibutuhkan ketika bermalam di rumah sakit, terutama jika Anda merencanakan melahirkan normal. Anda tidak akan tahu kapan akan mengalami kontraksi atau pecah ketuban, bukan? Jadi ketika saat tersebut tiba, Anda sudah siap dan langsung bisa berangkat ke rumah sakit.

Bagaimana? Anda siap? Semoga kelahiran bayi Anda berjalan lancar.

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar