Sukses

Minum Jeruk Setelah Makan Udang Sebabkan Kematian?

Kombinasi es jeruk dengan makanan laut seperti udang tentu sangat menggugah selera. Namun, benarkah minum jeruk setelah makan udang bisa sebabkan keracunan, bahkan kematian?

Makan seafood seperti udang pastinya akan lebih sedap jika ditemani dengan minuman dingin seperti es jeruk. Namun, banyak yang beranggapan bahwa minum jeruk setelah makan udang bisa menyebabkan keracunan. 

Konon, banyak yang beranggapan bahwa senyawa arsenik pada udang dan kandungan vitamin C pada jus jeruk dapat menjadi racun yang mematikan. Anggapan masyarakat ini sempat menjadi perbincangan. Namun, apakah benar demikian? Mari simak selengkapnya dalam artikel berikut.

1 dari 3 halaman

Bagaimana Fakta Sebenarnya?

Sekarang, Anda tidak perlu khawatir lagi karena berita itu hanyalah mitos belaka. Minum jeruk setelah makan udang tidak akan menyebabkan keracunan. 

Perlu diketahui bahwa arsenik adalah unsur kimia yang tidak berwarna dan berbau. Arsenik juga merupakan unsur normal yang berada di dalam makanan sehari-hari. 

Artikel lainnya: Pertolongan Pertama pada Keracunan Makanan yang Harus Diketahui

Tidak semua arsenik adalah racun. Ada dua jenis arsenik, yaitu arsenik organik dan anorganik. Arsenik organik banyak ditemukan dalam sayuran, makanan laut, serta daging. Sementara itu, arsenik anorganik bersifat racun.

Menurut WHO, kadar arsenik sebanyak 0.5-1 mg di dalam makanan masih tergolong normal dan tidak menimbulkan gangguan penyakit di dalam tubuh. Udang memiliki kandungan arsenik alami dan tidak membahayakan tubuh. 

Bahkan, sebagian besar arsenik yang terkandung di dalam udang merupakan arsenik organik yang sifatnya stabil. Jika terkandung arsenik anorganik pun, jumlahnya kurang dari 4 persen atau sekitar 0.5 mg. 

Sebenarnya, banyak makanan yang dibuat dengan campuran udang dan vitamin C. Salah satunya adalah udang dengan kombinasi tomat yang diketahui memiliki kandungan vitamin C. Namun, sampai saat ini tidak ditemukan kasus keracunan setelah mengonsumsi makanan tersebut. 

Padahal, keracunan arsenik akan menimbulkan gejala yang akut, seperti nyeri perut, muntah, diare, kram perut, rasa terbakar pada organ kemih, lalu perlahan akan menjadi syok, kejang, koma, hingga kematian.

Arsenik anorganik di dalam udang dapat berubah menjadi arsenik trioksida hanya jika seseorang memakan udang sebanyak 105 kg. Artinya, seseorang bisa dikatakan keracunan arsenik sebesar 70-200 mg dalam tubuhnya. Nah, Anda tak mungkin mengonsumsi sebanyak 100 kg udang dalam satu waktu, bukan?

Artikel lainnya: Pusing Usai Makan Udang, Alergi atau Kolesterol?

2 dari 3 halaman

Mengapa Ada Orang Keracunan Saat Makan Udang dan Jeruk?

Jika ada orang memiliki keluhan setelah makan udang dan minum jus jeruk, terdapat beberapa kemungkinan penyebab. 

Pertama, perhatikan kebersihan tempat Anda makan. Pengelolaan makanan yang tidak bersih bisa menyebabkan infeksi saluran pencernaan dan menyebabkan berbagai keluhan, salah satunya diare.

Bagi penderita gangguan lambung, makanan pedas dan minuman asam juga bisa menyebabkan keluhan berupa perut terasa kembung, begah, dan mual. Karena itu, jika Anda memiliki gangguan asam lambung seperti mag, sebaiknya hindari makanan yang asam dan pedas.

Kini, Anda tidak perlu takut dan mudah terpancing oleh rumor bahwa minum jeruk setelah makan udang bisa sebabkan keracunan. Menjaga pola makan dengan baik tetap nomor satu. Pilihlah makanan yang bergizi seimbang agar tubuh Anda senantiasa sehat. Serta, konsumsilah makanan dengan porsi sewajarnya untuk cegah gangguan pencernaan.

Ingin mengetahui info kesehatan lainnya atau menanyakan tentang masalah kesehatan yang Anda alami? Tanyakan langsung kepada dokter-dokter kami dengan menggunakan layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter. Gratis, lho!

[NWS]

0 Komentar

Belum ada komentar