Sukses

Tangkis Sinar Matahari, Pilih Payung atau Lotion SPF?

Proteksi diri dari sinar matahari sangat penting untuk dilakukan. Pilih payung atau lotion SPF agar lebih efektif?

Apakah Anda sering beraktivitas di luar ruangan? Jika ya, proteksi diri dari sinar matahari sangat penting untuk dilakukan. Ini karena sinar matahari mengandung radiasi ultraviolet (UV) yang sangat berbahaya bagi kesehatan kulit Anda.

Radiasi ultraviolet A berperan dalam menyebabkan penuaan dini; sehingga keriput, kulit kendur, kusam, pigmentasi muncul lebih cepat. Sementara radiasi ultraviolet B lebih berperan dalam membuat sunburn.Jika keduanya digabungkan, maka akan menyebabkan peningkatan risiko terjadinya kanker kulit.

Harus Bagaimana?

Berbagai cara dapat Anda lakukan untuk melindungi diri dari sinar matahari.  Entah itu menggunakan payung ataupun menggunakan lotion SPF. Sebagian besar kaum wanita biasanya memilih payung karena mudah didapatkan, memiliki banyak warna menarik, dan cukup praktis untuk dapat selalu dibawa ke mana-mana. Namun sadarkah Anda bahwa tidak semua payung memberikan efek proteksi terhadap sinar matahari yang sama?

Memang tidak semuapayungmemberikan efek proteksi yang sama. Ini bergantung dari beberapa hal –contohnya: bahan, warna, dan lebar dari payung yang digunakan. Semakin tebal bahannya, semakin gelap warnanya, dan semakin lebar payungnya tentu saja efek proteksi akan semakin meningkat.

Bicara mengenai perlindungan terhadap sinar matahari, sebaiknya perhatikan juga faktor lingkungan yang mungkin dapat meningkatkan paparannya terhadap kulit. Pasalnya, air, salju, kaca, atau pasir dapat memantulkan sinar matahari sehingga di bawah payung pun radiasi ultraviolet tetap ada. Dengan demikian, radiasi ultraviolet tetap dapat mengenai kulit walaupun tidak secara langsung.

Pilih Payung atau Lotion SPF?

Jika bisa memakai kesemuanya, mengapa harus memakai hanya salah satunya saja? Jadi, sekalipun Anda sudah memakai payung, gandakan proteksinya dengan juga mengaplikasikan lotion SPF. Ini karena penggunaan lotion SPF akan lebih melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.

Nah, dari sekian banyak pilihan produk lotion SPF yang dijual di pasaran, Anda sebaiknya memilih yang mengandung pelembap. Jadi dengan menggunakan 1 jenis lotion SPF saja, Anda mendapatkan keuntungan berlipat ganda –yaitu kulit sehat yang lembap dan halus, serta terlindung dari radiasi sinar ultraviolet.

Untuk memaksimalkan proteksi, Anda disarankan untuk menggunakan lotion SPF dengan SPF minimal 24. Jangan lupa pula untuk mengoleskan ulang lotion SPF setiap 2-4 jam bila Anda banyak beraktivitas di luar ruangan.

(NB)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar