Sukses

Pertimbangkan Ini Jika Ingin Memiliki Pengasuh

Hal-hal apa saja yang perlu dipikirkan sebelum mencari pengasuh untuk anak? Anda bisa membaca artikel ini sebagai bahan pertimbangan.

Menggunakan jasa pengasuh untuk anak memang bermanfaat dalam beberapa hal. Namun, orangtua juga perlu waspada terhadap kerugian yang mungkin timbul jika ingin memiliki pengasuh. Berikut adalah hal-hal yang bisa menjadi pertimbangan:

  1. Pengasuh terkadang tidak disupervisi sebelumnya

Banyak pengasuh yang digunakan oleh beberapa orangtua di kota besar hanya merupakan anak muda yang putus sekolah dan mencari kerja di Jakarta. Mereka juga tidak melalui program pelatihan resmi sebelumnya. Ini tentu membahayakan bagi anak-anak yang mereka asuh.

  1. Pengasuh dapat berhenti sewaktu-waktu

‘Si mbak’ atau ‘si mbok’ yang biasa dipercayakan untuk mengasuh anak Anda tiba-tiba minta pulang. Ini adalah mimpi buruk setiap orangtua yang memiliki pengasuh. Anda pun pusing bukan kepalang. Apalagi, anak sudah dekat dan nyaman dengan pengasuh tersebut. Mencari pengasuh pengganti tidaklah mudah; kalaupun sudah menemukan pengasuh yang baru, persiapan dan penyesuaiannya juga tidak mungkin sebentar.

  1. Kemampuan sosial anak yang kurang

Keseharian anak yang dititipkan di tempat penitipan anak (day care) dengan anak yang memiliki pengasuh pribadi tentu berbeda. Anak yang dititipkan di day care akan bertemu banyak teman seusianya, di mana ia bisa bermain bersama. Sementara itu, anak yang memiliki pengasuh akan melewati kesehariannya hanya bersama dengan pengasuhnya. Hal ini akan membuat anak jarang berinteraksi dengan anak-anak lainnya, sehingga ia lebih mungkin untuk memiliki kemampuan sosial yang kurang dibandingkan dengan anak yang dititipkan di day care.

  1. Biaya yang dibutuhkan lebih besar

Dibandingkan dengan day care, pengasuh memang terhitung lebih mahal. Di samping gaji pokok, Anda juga diharapkan mampu memberikan tempat bernaung dan makanan yang layak. Hal ini kadang sulit dipenuhi bagi keluarga muda yang baru memulai hidup mereka. Dikhawatirkan, kebutuhan mendasar anak seperti makanan dan lainnya harus agak dikurangi untuk biaya merekrut seorang pengasuh.

Hambatan-hambatan di atas tentunya bersifat relatif. Namun, Anda bisa menjadikannya gambaran jika nantinya ingin menggunakan jasa pengasuh.

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar