Sukses

Waspada Malaria Sebelum Ajak Anak Liburan

Berencana liburan ke daerah tropis bersama keluarga? Hati-hati dengan intaian malaria. Berikut langkah-langkah untuk menghindari serangan malaria saat liburan.

Malaria merupakan penyakit menular yang dominan di daerah tropis, termasuk Indonesia. Beberapa daerah tujuan wisata di Indonesia memang belum lepas dari kepungan malaria. Tidak hanya di daerah yang terpencil, tempat wisata populer seperti Raja Ampat pun ternyata masih merupakan daerah endemis malaria.

Walau demikian, bukan berarti Anda harus mengubah tujuan wisata. Menikmati keindahan alam dan biota bawah laut bersama anak-anak tetap bisa jadi hal yang menyenangkan, asalkan Anda tahu bagaimana cara melindungi keluarga tercinta dari intaian malaria.

Lakukan Riset pada Tujuan Wisata

Kenali daerah-daerah mana saja yang sejauh ini masih merupakan area endemis malaria. Dengan demikian, Anda bisa lebih waspada ketika membawa anak-anak berlibur bersama.

Daerah endemis malaria dengan kategori tinggi sebagian besar terletak di timur Indonesia, yaitu Maluku, Nusa Tenggara Timur, dan Papua. Daerah lainnya umumnya sudah bebas atau masuk dalam kategori rendah angka malarianya.

Kendati demikian, untuk memastikan bebas atau tidaknya tujuan wisata Anda dari malaria, sebaiknya sebelum berangkat Anda memastikannya ke pemerintah setempat. Sekalipun di Pulau Jawa, beberapa desa diketahui masih belum dikategorikan bebas malaria

Persiapkan Hal Ini

Untuk menghindari penularan malaria, berikut adalah tiga hal yang dapat Anda lakukan agar tetap bisa menikmati liburan di tempat wisata:

  1. Konsumsi obat pencegahan malaria

Salah satu upaya pencegahan malaria yang terbukti efektif adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan sejak sebelum, selama, dan sepulangnya Anda dari daerah tersebut. Tanyakan pada dokter keluarga Anda terkait penggunaan obat pencegahan malaria ini.

  1. Gunakan losion antinyamuk

Selain obat nyamuk elektrik atau bakar, losion antinyamuk juga sebaiknya Anda gunakan ketika berada di dalam maupun luar ruangan. Oleskan ulang beberapa kali dalam sehari, terutama setelah Anda beraktivitas di air.

  1. Jika memungkinkan, gunakan kelambu

Ada dua jenis kelambu untuk pencegahan malaria ini, ada yang mengandung obat dan ada yang tidak. Kelambu yang dilapisi dengan obat ini memang lebih efektif, namun lebih susah didapat. Hubungi dinas kesehatan setempat untuk kemungkinan mendapatkan jenis kelambu ini.

Langkah-langkah tersebut merupakan tindakan pencegahan yang efektif bila Anda sekeluarga melakukannya dengan konsisten dan sesuai dengan anjuran. Dengan menjauhkan diri dari malaria, Anda dan anak-anak dapat tetap menikmati waktu liburan tanpa perlu khawatir terhadap gigitan nyamuk berbahaya ini.

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar