HomeGaya hidupDiet dan NutrisiIngin Tubuh Kuat? Konsumsi Bayam!
Diet dan Nutrisi

Ingin Tubuh Kuat? Konsumsi Bayam!

dr. Dyah Novita Anggraini, 24 Sep 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Pernahkah Anda menyaksikan kartun Popeye, di mana tubuhnya menjadi lebih kuat dengan otot yang menonjol setelah mengonsumsi bayam? Anda pun bisa sekuat Popeye.

Ingin Tubuh Kuat? Konsumsi Bayam!

Pernahkah Anda menyaksikan kartun Popeye, di mana tubuhnya menjadi lebih kuat dengan otot yang menonjol setelah mengonsumsi bayam? Ternyata, Anda pun bisa seperti Popeye.

Bayam pada dasarnya memang dapat memberikan asupan energi bagi tubuh. Karena sayuran hijau ini mengandung zat besi, vitamin C, asam folat dan nitrat. Penelitian yang dilakukan di Karolinska Institute, Stockholm, menyebutkan bahwa kandungan nitrat pada bayam dapat menjadikan otot tubuh menjadi lebih kuat.

Untuk membuktikan hal ini, penelitian menggunakan tikus dilakukan.  Hasilnya, tikus yang telah diberikan nitrat konsisten memiliki otot yang lebih kuat dibandingkan yang tidak. Jumlah kadar nitrat yang diberikan pada tikus-tikus tersebut sama dengan mengonsumsi 250 gram bayam. Dengan ini maka dapat disimpulkan bahwa kandungan nitrat di dalam bayam dapat membuat tubuh menjadi kuat.

Nitrat sebenarnya mempunyai fungsi untuk meningkatkan dua protein penting yang bertanggung jawab untuk menyimpan dan melepaskan kalsium di dalam tubuh. Kalsium itu sendiri mempunyai peranan penting dalam proses kontraksi otot. Nah, saat kedua protein tersebut kadarnya meningkat akibat asupan nitrat, maka akan semakin banyak pula kadar kalsium yang dilepaskan oleh tubuh. Hal ini tentu saja akan membuat kontraksi otot semakin meningkat dan menjadikan otot lebih kuat.

Jadi, jika Anda ingin kuat dan sehat seperti Popeye, rutinlah mengonsumsi bayam setiap hari. Selama dikonsumsi dengan wajar, dengan tidak memanaskan masakan berulang-ulang, maka efek positif bayam akan Anda dapatkan. Namun Anda harus tetap ingat untuk berolahraga secara rutin dan teratur, serta menerapkan pola hidup sehat, ya!

(NB/RH)

Tag: Bayam Membuat KuatMakan Bayam KuatBayam Jadi Sehat

Konsultasi Dokter Terkait