Sukses

Cegah Pikun dengan Empat Makanan Ini

Pada beberapa kondisi, penurunan daya ingat atau pikun memang tidak dapat dihindari. Pikun normal terjadi sebagai salah satu proses penuaan. Namun, bagaimana bila pikun terjadi di usia muda? Adakah cara untuk mencegahnya?

Pemilihan makanan yang baik dengan kandungan gizi berimbang adalah salah satu kunci pencegahan pikun di usia muda. Beberapa brain food atau makanan nutrisi otak ini dapat membantu Anda mencegah pikun di usia muda.         

Makanan kaya vitamin E

Makanan kaya vitamin E seperti kacang-kacangan dan biji- bijian, gandum utuh, minyak zaitun dan selai kacang adalah contoh makanan yang mengandung vitamin E alami. Vitamin E ini sangat penting peranannya sebagai antioksidan di otak. Antioksidan ini berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang dapat merusak sel otak.

Ikan

Sudah bukan rahasia lagi bahwa ikan adalah salah satu sumber protein yang sangat tinggi kandungan omega-3. Omega-3 sendiri merupakan asam lemak jenuh yang dibutuhkan otak untuk menjaga agar fungsinya tetap berjalan optimal. Konsumsi dua porsi ikan dalam seminggu dianggap sebagai jumlah yang cukup untuk memperoleh manfaat tersebut.

Sayuran hijau

Bayam, sawi hijau, dan brokoli adalah jenis makanan yang tinggi kandungan vitamin E dan asam folatnya. Folat diketahui berfungsi menurunkan konsentrasi homosistein di darah, senyawa yang dapat memicu kematian sel otak. Apabila Anda teratur mengonsumsi sayuran hijau, berarti Anda telah mencegah kematian sel-sel otak ini.

Alpukat

Alpukat mengandung vitamin E dan C yang sangat baik untuk mencegah pikun di usia muda. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kedua jenis vitamin ini sangat berperan dalam menurunkan risiko seseorang menderita Alzheimer, penyakit yang ditandai dengan penurunan daya ingat.

Dengan pilihan makanan yang tepat, Anda bisa mencegah datangnya pikun di usia muda. Pastikan Anda tak salah pilih makanan.

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar