Jantung

Hindari Olahraga Ini Jika Kamu Punya Penyakit Jantung

dr. Alvin Nursalim, 26 Sep 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Walaupun sehat, ada beberapa olahraga yang justru berbahaya bagi penderita penyakit jantung. Olahraga apa saja? Yuk, simak di sini.

Hindari Olahraga Ini Jika Kamu Punya Penyakit Jantung

Jantung adalah organ vital yang mempunyai fungsi penting untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Sayangnya, angka kejadian penyakit jantung, khususnya penyakit jantung koroner, justru semakin bertambah. 

Data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, lebih dari 17 juta orang di dunia meninggal akibat penyakit jantung dan pembuluh darah. 

Sedangkan data Riskesdas tahun 2018 mengatakan 15 dari 1.000 orang di Indonesia memiliki penyakit jantung. Saat ini, penyakit jantung menjadi penyakit pembunuh nomor satu di dunia maupun di Indonesia. 

Apabila didiagnosis mengidap penyakit jantung, perawatan dan perbaikan gaya hidup sehari-hari harus diperhatikan. Salah satunya aspek kegiatan berolahraga.

Olahraga sifatnya penting untuk tubuh. Akan tetapi, jika seorang pasien masih berada pada fase akut penyakit jantung koroner, olahraga yang bersifat intens lebih baik dihindari. 

Salah memilih jenis olahraga atau latihannya terlalu berat, bisa memicu kekambuhan penyakit jantung. Oleh karena itu, ketahuilah jenis-jenis olahraga yang dilarang untuk penyakit jantung. Berikut di antaranya:

1. Sepak Bola

Pemain Sepak Bola Rentan Kena Penyakit Kulit (Wavebreakmedia/Shutterstock)

Olahraga sepak bola kurang direkomendasikan untuk penderita penyakit jantung. 

Sepak bola cenderung berbahaya untuk pasien dengan fase akut penyakit, karena melibatkan gerakan yang cepat, mendadak, dan dilakukan dalam durasi panjang. 

Ketika bermain sepak bola, gerak yang taktis dan perubahan kecepatan mendadak dapat memicu jantung berdetak cepat. Kondisi tubuh tersebut berbahaya untuk orang dengan sakit jantung.

Artikel Lainnya: Bolehkah Orang yang Punya Masalah Jantung Ikuti CrossFit?

2. Basket

Hampir sama dengan sepak bola, basket adalah jenis olahraga yang membutuhkan ketangkasan gerak dan kecepatan tubuh. Maka dari itu, olahraga ini termasuk yang dilarang untuk penderita penyakit jantung. 

Sebuah jurnal kesehatan jantung dengan tegas menyimpulkan bahwa olahraga kompetisi seperti sepak bola dan basket perlu dihindari bagi orang dengan penyakit jantung.

3. Bulu Tangkis

Bulu tangkis menjadi olahraga yang berisiko untuk penderita penyakit jantung. 

Ritme gerakan yang berubah, kadang bergerak cepat dan kadang melambat, harus dihindari oleh orang yang punya masalah jantung.

Karena itu, olahraga ini memberikan beban yang berat untuk jantung. Artinya, pemompaan darah yang dilakukan dari jantung ke seluruh tubuh menjadi bertambah. 

4. Tenis

Lapangan yang luas dipadu dengan arah datangnya bola tenis yang bervariasi, membuat tubuh butuh bergerak cepat dan jauh.

Seorang pemain tenis juga harus punya daya tahan tubuh tinggi, mengingat olahraga kompetisi yang satu ini cukup melelahkan!

Itulah mengapa, tenis merupakan salah satu kegiatan yang tidak boleh dilakukan penderita penyakit jantung. Terlebih, jika tenis dilakukan dalam sebuah pertandingan yang serius, tentunya kondisi itu cukup berisiko.

Artikel Lainnya: Cek Kesehatan Jantung Lewat Olahraga Push-Up

5. Maraton

Lari jarak jauh seperti maraton merupakan olahraga yang dilarang untuk penderita penyakit jantung. 

Beban fisik yang terjadi terlalu berat dan bisa menjadi pencetus serangan jantung pada orang yang berisiko. Khususnya bagi mereka yang baru saja mengalami serangan jantung.

Jika kamu belum tahu apakah memiliki masalah pada jantung atau tidak, dan ingin mendeteksinya, bisa mengunjungi Health Tools Skrining Penyakit Jantung

Ketahuilah bahwa penderita penyakit jantung masih bisa melakukan olahraga dengan intensitas yang sesuai. Semua itu kembali lagi ke status kesehatan masing-masing. 

Apabila sangat ingin melakukan salah satu dari olahraga di atas, mulailah berkonsultasi kepada dokter untuk melihat kesanggupan kondisimu. 

Apa pun olahraga yang kamu pilih, selalu mulai dengan intensitas ringan, perlahan, lalu teratur. Olahraga dengan jenis dan intensitas yang tepat, tentu sangat bermanfaat untuk penderita penyakit jantung.

Jika masih ada yang ingin diketahui tentang topik ini, baca terus artikel kesehatan di KlikDokter. Untuk konsultasi dengan dokter dan #JagaSehatmu, kamu bisa menggunakan fitur Tanya Dokter. 

[RS]

JantungOlahraga

Konsultasi Dokter Terkait