Sukses

Lakukan Ini Untuk Cegah Pikun di Usia Muda

Anda sering lupa di mana menaruh telepon genggam atau kunci mobil? Atau secara tiba-tiba lupa nama kerabat yang dahulunya sering berhubungan dengan Anda? Jika ya, bisa jadi Anda mengalami penyakit pikun.

Anda sering lupa di mana menaruh telepon genggam atau kunci mobil? Atau secara tiba-tiba lupa nama kerabat yang dahulunya sering berhubungan dengan Anda? Jika ya, bisa jadi Anda mengalami penyakit pikun.

Seiring dengan bertambahnya usia, otak memang akan mengalami penurunan fungsi daya ingatnya. Faktanya, penurunan fungsi otak ini mulai terjadi saat usia Anda masih sangat muda, 30 tahun. Berbagai pendapat awalnya menyatakan bahwa penurunan daya ingat seseorang adalah hal yang bersifat alamiah dan tidak dapat dihindari. Namun ternyata, Anda dapat melatih otak untuk tetap ‘awet muda’ dan mencegah agar tidak mudah pikun. Bagaimana caranya?

  • Olahraga

Ternyata, kegiatan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh ini juga berperan penting dalam menjaga daya ingat. Olahraga yang dilakukan selama 30 menit setiap hari bukan hanya baik untuk tubuh, namun juga untuk otak. Beberapa studi juga menyebutkan bahwa olahraga dapat mencetuskan pelepasan protein BDNF –protein yang menunjang kehidupan sel saraf di otak.

  • Mengonsumsi makanan sehat

Berikan porsi yang lebih untuk buah, sayur, ikan, dan minyak zaitun pada menu asupan harian Anda. Ini karena makanan tersebut dapat meminimalkan risiko penurunan daya ingat atau pikun hingga 20%.

  • Bersosialisasi

Orang yang dikucilkan dalam hidupnya akan berkecenderungan untuk mengalami depresi yang dapat mengakibatkan penurunan daya ingat atau pikun. Sebaliknya, semakin baik kemampuan seseorang dalam bersosialisasi, semakin baik juga daya ingatnya. Jadi, seringlah berkomunikasi dengan orang di sekitar Anda.

  • Tidur Cukup

Tidak dapat disangkal bahwa atensi dan konsentrasi akan menurun bila Anda kurang tidur. Dengan demikian, tidur cukup akan membantu Anda untuk berkonsentrasi dan mengingat sesuatu.

  • Hindari Stres

Kondisi stres dapat memicu hormon stres –yaitu kortisol– yang akan membuat sulit Anda mengingat.

  • Berhenti Merokok

Dampak penurunan daya ingat yang diakibatkan rokok kemungkinan karena terjadinya stroke kecil di otak.

  • Memory Tricks

Apabila termasuk orang yang sulit mengingat, lakukanlah memory tricks untuk membantu Anda mengingat hal-hal baru. Misalnya saat mengingat kosakata baru, Anda dapat menyebutkannya dengan suara keras agar dapat tertanam di otak. Atau ketika Anda menghapal beberapa jenis sayur yang akan dibeli, imajinasikan bentuk sayur-sayuran tersebut seolah-olah Anda benar-benar sedang menatapnya.

Cara mencegah pikun di atas sangat mudah, bukan? Yuk, cegah pikun mulai sekarang!

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar