Sukses

4 Hobi Ini Bikin Jantung Anda Sehat

Selain menghibur hati, hobi ini juga dapat menjaga kesehatan jantung Anda, lho!

Penyakit jantung adalah salah satu penyebab kematian tertinggi di seluruh dunia, baik bagi pria maupun wanita. Data statistik di Amerika Serikat menunjukkan bahwa satu dari empat kematian disebabkan oleh penyakit jantung. Di Amerika Serikat juga, seseorang meninggal akibat penyakit jantung setiap 42 detik.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Pepatah ini sangat pas diaplikasikan melihat banyaknya orang yang terkena penyakit jantung, dan dampaknya yang fatal.

Selain dengan berolahraga dan menjaga pola makan, ada beberapa hobi yang menyenangkan untuk dilakukan sekaligus bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Berikut adalah hobi-hobi tersebut:

#1 Memasak

Dengan ‘berkeliaran’ di sekitar dapur, Anda tidak akan tergoda untuk mendudukkan bokong Anda di kursi atau kasur. Gaya hidup sedenter seperti ini merupakan salah satu faktor risiko penyebab penyakit jantung.

Selama memasak, Anda akan dipaksa untuk berdiri dan berjalan, serta melakukan gerakan dinamis lainnya. Otot lengan dan tangan Anda juga akan terlatih ketika mengocok telur atau menguleni adonan kue. Dengan meningkatkan keterampilan memasak, Anda juga dapat menyajikan menu makanan yang sehat dan bergizi bagi Anda sekeluarga sepanjang waktu.

#2 Bertamasya

Untuk apa berdiam di hotel saat bepergian ke suatu tempat baru, dimana terdapat banyak hal yang bisa dieksplorasi? Tidak perlu mahal, Anda pun dapat melakukan perjalanan hemat dengan backpacking atau bepergian ke situs-situs wisata dalam negeri yang tak kalah menarik.

Ketika bertamasya, Anda akan banyak bergerak, berjalan kaki, dan melakukan aktivitas lainnya –ketimbang duduk di depan komputer, ngemil, atau melakukan sederet kegiatan lain yang menimbun kalori. Selain itu, bertamasya juga dapat melepaskan stres dan kepenatan –hal-hal yang turut menjadi faktor risiko penyakit jantung.

#3 Berkebun

Jangan anggap remeh berkebun. Berkebun adalah aktivitas yang cukup melelahkan dan membutuhkan komitmen. Tapi akan sangat memuaskan jika Anda berhasil melakukannya.

Banyak gerakan aktif yang dapat Anda lakukan ketika berkebun. Mulai dari menggemburkan atau menyiapkan tanah, menanam bibit, menyiram tanaman, menggunting daun yang layu, serta memberi pupuk atau vitamin pada tanaman.

Akan sangat memuaskan batin ketika Anda berhadapan dengan kebun yang indah dan tertata rapi. Melakukan serangkaian aktivitas berkebun dan mengalami perasaan bahagia akan mengusir faktor risiko jantung jauh-jauh.

#4 Menari

Anda tidak perlu mengikuti kelas dansa untuk dapat menari. Cukup pasang lagu favorit Anda di rumah, dan goyangkan tubuh. Anda bisa melakukannya sendirian, bersama teman, pasangan, ataupun anak.

Tidak hanya menghilangkan stres, menari juga dapat menjadi alternatif olahraga yang menyenangkan dan mampu membakar sebanyak 320 kalori (jika Anda menari selama satu jam). Agar lebih menarik dan menambah motivasi, Anda dapat mengikuti kelas menari dan mempelajari berbagai tarian yang berbeda.

Mudah dan tak harus mengeluarkan banyak biaya, kan? Tapi percayalah, jantung Anda akan berterima kasih pada Anda.

(RS/RH)

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar