Sukses

Camilan di Bawah 100 Kalori

Siapa bilang camilan enak pasti berlemak? Anda bisa mencoba makanan ini sebagai kudapan. Tak hanya lezat tapi juga menyehatkan!

Waktu menunjukkan pukul sebelas pagi. Bagi para pekerja kantoran, pelajar, maupun mahasiswa, ini adalah ‘jam rawan’. Tak hanya rawan kantuk, namun juga rawan keinginan mengemil. Gorengan pun sering dijadikan penyelamat. Tapi hati-hati! Jika berlebihan, gorengan kegemaran Anda dapat menjadi penyebab melonjaknya timbangan.

Untuk menyiasatinya, berikut adalah beberapa camilan kurang dari seratus kalori yang bisa Anda konsumsi:

Setengah cangkir edamame

Edamame, kacang asal Jepang berwarna hijau, sedang menjadi primadona di kalangan penggiat gaya hidup sehat. Walaupun biasanya disajikan dengan hanya direbus, namun rasanya yang gurih pasti akan membuat Anda ketagihan. Setengah cangkir edamame terdiri atas 8 g protein, 4 g serat, 0.5 g lemak jenuh, 4.5 mg sodium, serta 0 mg kolesterol! Bonus lainnya adalah sepuluh persen kebutuhan harian besi Anda akan terpenuhi.

Apel potong dengan selai kacang

Anda mungkin sudah sering makan apel. Tapi, pernahkah Anda mencoba makan apel dengan selai kacang? Paduan rasa manis dari apel dan rasa asin selai kacang ternyata dapat menghasilkan rasa yang lezat. Agar cemilan tetap kurang dari seratus kalori, Anda tidak perlu menambahkannya kacang banyak-banyak, maksimal dua sendok teh saja. Oleskan tipis-tipis selai kacang pada potongan apel Anda.

Yoghurt tanpa lemak dengan madu

Salah satu camilan sehat yang dapat menjadi alternatif Anda adalah yoghurt. Pilihlah yoghurt tanpa lemak dan tanpa rasa. Agar tak terasa hambar, Anda bisa menambahkan satu sendok teh madu pada setengah cangkir yoghurt tanpa lemak tersebut. Hasilnya, camilan Anda hanya bernilai 84 kalori dan bebas kolesterol.

Pisang

Anda ingin makan es krim tapi takut gemuk? Cobalah ambil satu buah pisang dan belah menjadi dua kemudian ditusukkan pada tangkai es krim. Lapisi setengah buah pisang yang sudah ditusuk ke tangkai es krim dengan yoghurt rendah lemak tanpa rasa. Masukkan ke freezer, diamkan hingga beku. Satu sajian (sebanyak satu tusuk) hanya terdiri atas 80 kalori, 0.35 lemak jenuh, 3 mg sodium, serta 7 mg kolesterol.

Satu cangkir anggur

Buah anggur tinggi akan air dan rendah kalori. Satu cangkir anggur hanya terdiri atas 100 kalori, 0.1 g lemak, dan 2 mg sodium. Kadar air yang tinggi akan membuat Anda kenyang lebih lama serta terhindar dari dehidrasi. Selain itu, anggur juga kaya akan vitamin K, mangan, dan serat. Baik dimakan langsung maupun dibekukan, sama enaknya!

Semangka

Anda yang sedang berdiet tak perlu ragu memasukkan semangka dalam menu makanan. Karena selain rendah kalori (satu cangkir semangka memiliki sekitar 50 kalori), semangka juga merupakan sumber likopen yang baik. Likopen dalam tubuh berperan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Semangka juga memiliki kadar air yang tinggi, sehingga sangat tepat untuk dikonsumsi saat cuaca panas agar terhindar dari dehidrasi.

Nah, kini Anda tahu bagaimana menyiasati ‘jam rawan’. Selamat mencoba!.

(RS/RH)

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar