Sukses

Lawan Kolesterol dengan Minum Teh

Teh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk menurunkan kadar kolesterol.

Kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko terkena penyakit serius, di antaranya penyakit jantung dan stroke. Untuk menurunkan kadar kolesterol, Anda perlu melakukan perubahan gaya hidup. Seperti menjaga pola makan, berolahraga secara teratur, hingga mengonsumsi obat penurun kolesterol. Di samping itu, ada juga cara yang tepat untuk menurunkan kolesterol, yakni dengan teh!

Beberapa jenis teh yang biasa ditemui adalah white tea, green tea, black tea, dan oolong tea. Dibandingkan teh lainnya, menurut penelitian white tea memiliki kadar antioksidan yang lebih tinggi. Hal ini dipengaruhi oleh proses pengolahannya. White tea diolah tanpa proses oksidasi sehingga efektivitasnya terhadap kesehatan lebih baik dan rasanya lebih ringan.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Food Science, dibandingkan dengan green tea, white tea memiliki kandungan katekin (antioksidan) sebanyak 14.40-369.60 mg/g. Sedangkan green tea memiliki kandungan katekin sebanyak 21.38-228.20 mg/g. 

Katekin terbukti dapat mengeliminasi racun di dalam tubuh, membakar timbunan lemak, membantu meregulasi kolesterol, dan memperbaiki fungsi arteri.

Untuk mendapatkan manfaat white tea yang maksimal, para ahli merekomendasikan konsumsi dua cangkir teh per hari. Bolehkah mencampurnya dengan gula, susu, ataupun lemon? Disarankan untuk tidak melengkapinya dengan apa pun, agar khasiat yang terkandung di dalamnya tidak berkurang.

White tea memang dapat menurunkan kadar kolesterol darah, namun jika kadar kolesterol Anda terlampau tinggi, sebaiknya Anda tetap berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan terapi obat antikolesterol.

(RS/RH)

0 Komentar

Belum ada komentar