Sukses

Lawan Kolesterol dengan Minum Teh

Teh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah Anda.

Teh tradisional seperti teh hitam, teh hijau, dan teh oolong berasal dari daun dan kuncup tanaman Camellia sinensis. Setiap teh memiliki rasa dan manfaat yang berbeda bergantung dari cara penumbuhan dan pemrosesannya. 

Nah, ada yang mengatakan bahwa salah satu manfaat teh adalah untuk menurunkan kolesterol tinggi. Apakah itu benar?

Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan mengenai konsumsi teh untuk kolesterol dalam artikel berikut ini. 

Kandungan Teh yang Baik untuk Kolesterol

Teh memiliki kandungan polifenol yang berperan sebagai antioksidan. Antioksidan ini dapat membantu menangkal radikal bebas. Produksi radikal bebas yang berlebihan bisa memicu peradangan dalam tubuh. 

Berdasarkan penelitian meta analisis yang dipublikasikan di The American Journal of Clinical Nutrition, antioksidan di dalam teh dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total, termasuk kolesterol jahat (LDL), hingga 2,19 mg/dL. 

Artikel lainnya: Teh Herbal untuk Kesehatan yang Harus Anda Coba

Jenis-Jenis Teh Penurun Kolesterol

Antioksidan yang terkandung di dalam teh baik untuk kolesterol tinggi. Kekuatan antioksidan ini pun bergantung dari jenis teh dan cara pemrosesannya. 

Lalu, apa saja jenis teh yang bisa membantu menurunkan kolesterol? Berikut di antaranya:

1. Teh Kembang Sepatu (Hibiscus Tea)

Teh kembang sepatu dilaporkan memiliki tingkat antioksidan paling tinggi di antara seluruh jenis teh herbal. 

Tinjauan tahun 2014 dari sejumlah uji klinis menunjukkan bahwa konsumsi teh kembang sepatu menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat. 

2. Teh Hijau (Green Tea)

Berdasarkan studi yang dipublikasikan di Archives of Internal Medicine tahun 2003, ekstrak teh hijau dapat menurunkan kadar kolesterol total hingga 11,3% dan LDL hingga 16,4%.

Tak hanya itu, kadar trigliserida juga turun hingga 3,5%, dan meningkatkan kadar HDL hingga 2,3%. 

Artikel lainnya: Mitos Manfaat Teh Basi bagi Kesehatan

3. Teh Putih (White Tea)

Teh putih juga menjadi salah satu jenis teh yang baik untuk menurunkan kolesterol.

Menurut sebuah studi yang dimuat di International Journal of Food Science, dibanding dengan teh hijau, teh putih memiliki katekin sebanyak 14.40-369.60 mg/g. Sementara teh hijau mengandung katekin sebanyak 21.38-228.20 mg/g.   

Katekin terbukti dapat mengeliminasi racun di dalam tubuh, membakar timbunan lemak, membantu meregulasi kolesterol, dan memperbaiki fungsi arteri.

4. Teh Rooibos (Red Bush Tea)

Anda pernah dengar teh herbal rooibos? Jenis teh ini dilaporkan dapat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. 

Hal ini dibuktikan oleh studi yang dilansir pada Journal of Ethnopharmacology, partisipan studi yang minum enam cangkir teh rooibos setiap hari selama enam minggu mengalami penurunan kadar LDL hingga 0,7 mmol/L.

Mereka juga mengalami peningkatan kadar HDL hingga 0,3 mmol/L. 

5. Teh Jahe (Ginger Tea)

Bagi Anda pencinta teh jahe, tentu senang mendengar hal ini. Studi yang diterbitkan di Saudi Medical Journal pada tahun 2008 melaporkan bahwa teh jahe bagus untuk menurunkan kolesterol. 

Tak hanya sebagai penurun kolesterol, teh jahe juga dapat meredakan rasa tidak nyaman di perut. 

Artikel lainnya: Kenali, Ini Jenis Teh dan Manfaatnya bagi Kesehatan

6. Teh Dandelion (Dandelion Tea)

Teh dari bunga dandelion dipercaya berkhasiat untuk menurunkan kolesterol tinggi. 

Menurut studi yang dipublikasikan oleh International Journal of Molecular Sciences pada tahun 2010, teh dandelion dapat menurunkan kadar kolesterol total pada kelinci percobaan. 

Dari berbagai penelitian, diketahui bahwa konsumsi jenis teh tertentu baik untuk membantu menurunkan kolesterol. Meski demikian, tetap dibutuhkan penelitian lebih lanjut. 

Anda tidak akan langsung merasakan manfaatnya hanya dengan minum segelas teh. Berbagai studi melaporkan bahwa untuk memperoleh khasiatnya, diperlukan waktu berminggu-minggu agar dapat tercapai hasil yang signifikan. 

Kesehatan Anda dan metabolisme tubuh Anda juga memengaruhi seberapa cepat hasilnya. Karena itu, menjaga pola makan dan berolahraga teratur tetap dibutuhkan untuk menurunkan kolesterol. 

Demikian penjelasan mengenai beberapa jenis teh yang baik untuk membantu menurunkan kolesterol. 

Anda bisa mendapatkan informasi kesehatan yang menarik lainnya di aplikasi KlikDokter. Konsultasi dengan dokter juga dapat dilakukan melalui layanan Live Chat 24 jam.

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar