Sukses

Wajah Cemerlang dengan Masker Alami dari Teh

Tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh, teh juga bermanfaat untuk kecantikan. Yuk, simak cara membuat masker teh berikut ini!

Siapa yang tak ingin memiliki kulit wajah yang mulus dan cerah? Bagi sebagian besar orang, khususnya wanita, hal ini tentu menjadi impian.

Salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan menggunakan masker teh. Tak perlu mahal, karena Anda dapat membuat sendiri masker teh di rumah. Ini dia cara membuat masker teh yang mudah.

 

1 dari 3 halaman

Manfaat Teh untuk Kulit

Sejak lama teh telah terbukti memiliki manfaat untuk kulit. Teh mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab penuaan dini. Selain itu, kekuatan antioksidan juga mampu memperbaiki DNA sel yang rusak akibat paparan sinar matahari sehingga mencegah terjadinya kanker.

Manfaat teh untuk kecantikan lainnya adalah sebagai antiperadangan atau antiinflamasi. Teh mampu mengatasi peradangan pada kulit, kemerahan, dan mengurangi keluhan yang disebabkan oleh beberapa penyakit seperti psoriasis, dermatitis, dan rosacea.

Artikel lainnya: Apakah Masker Kefir Aman dan Bermanfaat untuk Kesehatan?

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Masker Wajah dari Teh

Melihat banyaknya manfaat teh untuk kecantikan dan kulit wajah, tak ada salahnya bila Anda mencoba membuat masker wajah dari teh. Caranya mudah dan dapat dilakukan di rumah. Berikut beberapa resep masker wajah dari teh:

1. Black Tea

Black tea dapat dibuat menjadi masker untuk wajah karena kandungan polifenol dan tanin di dalamnya dapat membantu regenerasi sel kulit, mencegah timbulnya jerawat, dan memudarkan iritasi pada kulit. Saat membuat masker wajah dari black tea, Anda dapat mencampurnya dengan madu dan lemon.

Madu memiliki khasiat antibakteri alami sehingga dapat mencegah jerawat. Selain itu, madu pun dapat mencegah munculnya tanda penuaan dini pada kulit. Sementara lemon memiliki efek antibakteri dan kandungan citric acid-nya dapat mengangkat sel kulit mati serta menyamarkan noda hitam di kulit wajah.

Cara membuat masker wajah dari teh, khususnya black tea, adalah sebagai berikut:

  • Seduh kantong teh hitam menggunakan ¼ cangkir air panas.
  • Campurkan 1 sendok makan madu.
  • Masukan sedikit jus lemon.
  • Oleskan ke wajah dan diamkan selama 10-15 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

Artikel lainnya: Manfaat Minyak Argan untuk Kulit Wajah

2. Green Tea

Teh hijau atau green tea efektif untuk mengatasi peradangan, memudarkan kerutan dan garis halus, serta melindungi kulit dari bahaya paparan sinar ultraviolet sehingga bahan ini cocok untuk dijadikan masker wajah.

Untuk hasil terbaik, Anda dapat melakukannya satu hingga tiga kali perminggu. Anda dapat mencampurkan sedikit baking soda dan madu. Baking soda berfungsi untuk detoksifikasi dan dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Cara membuat masker teh hijau adalah sebagai berikut:

  • Seduh satu kantong teh hijau dalam air panas, biarkan hingga dingin. Kemudian, pisahkan teh hijau dari kantongnya.
  • Taruh teh hijau tersebut dalam wadah, campurkan satu sendok makan baking soda dan madu hingga konsistensinya seperti pasta.
  • Oleskan pada wajah yang telah dibersihkan terlebih dahulu, diamkan selama 5-10 menit.
  • Kemudian bilas dengan air dingin.

3. White Tea

White tea memiliki kandungan antioksidan yang dapat memudarkan kantong mata dan mencerahkan serta meremajakan kulit wajah. Cara membuat masker teh putih adalah sebagai berikut:

  • Sedih satu cangkir white tea dengan air mendidih.
  • Tunggu hingga air rebusan menjadi hangat, kemudian masukkan handuk kecil atau lap ke air seduhan dan peras hingga setengah kering.
  • Aplikasikan pada wajah yang sebelumnya telah dibersihkan.
  • Hangat dari handuk atau lap akan membuka pori-pori kulit sehingga kandungan teh lebih mudah menyerap.

Untuk mendapatkan kulit cantik dan kencang tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Anda cukup menggunakan bahan baku yang ada di rumah, seperti teh sebagai masker untuk wajah. Cara membuat masker teh pun cukup mudah dan dapat Anda lakukan beberapa kali dalam seminggu. Selamat mencoba!

Ingin bertanya lebih lanjut seputar manfaat masker teh atau tips kecantikan lainnya? Tanyakan langsung kepada dokter-dokter kami dengan menggunakan layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter. Gratis, lho!

[NWS]

0 Komentar

Belum ada komentar