Sukses

Membuat Masker Wajah dari Teh

Manfaatkan teh yang ada di rumah sebagai masker wajah. Apa saja jenis-jenis teh yang bisa dijadikan masker wajah?

Salah satu cara untuk merawat wajah adalah dengan menggunakan masker. Sebagai alternatif face mask yang mahal, Anda bisa mencoba membuat masker wajah sendiri. Bahan-bahannya pun alami dan mudah ditemukan di dapur sendiri, seperti timun, susu, madu, bahkan teh!

Selain sebagai minuman menyehatkan, teh juga bisa menjadi bahan baku alami untuk masker wajah. Berikut ini resep masker wajah dari jenis-jenis teh yang dapat Anda buat sendiri:

Black tea

Masker campuran antara black tea, madu, dan lemon.

Polifenol dan tanin yang terkandung pada black tea berkaitan dengan regenerasi kulit, mencegah timbulnya jerawat, dan memudarkan iritasi pada kulit.

Madu berfungsi sebagai antibakteri alami, sehingga sering kali digunakan untuk mengatasi dan mencegah jerawat.  Selain itu, madu juga mengandung banyak antioksidan yang berfungsi melawan penuaan dini.

Seperti madu, jus lemon juga memiliki efek antibakteri. Kandungan citric acid yang ada pada lemon dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan menghilangkan noda hitam pada wajah.

Cara membuat:

Seduh kantong teh hitam dengan menggunakan ¼ cangkir air panas. Kemudian campurkan 1 sendok makan madu. Setelah itu, oleskan ke wajah dan diamkan selama 10-15 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

Green tea

Masker campuran antara green tea, baking soda, dan madu.

Green tea efektif untuk mengatasi peradangan, memudarkan keriput dan garis halus, serta melindungi kulit dari bahaya paparan sinar UV. Baking soda berfungsi sebagai detoksifikasi sehingga dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Sedangkan peran madu di sini untuk melembapkan, mengencangkan, dan meremajakan kulit.

Cara membuat:

Campurkan 1 sendok makan green tea dan 1 sendok makan baking soda. Aduk kedua bahan hingga rata lalu tambahkan madu hingga cukup kental. Oleskan pada wajah lalu diamkan selama 5-10 menit. Setelah itu, bilas dengan menggunakan air dingin.

White tea

White tea memiliki kandungan antioksidan yang dapat menghilangkan kantong mata dan mencerahkan serta meremajakan kulit wajah.

Cara membuat:

Seduh 1 cangkir white tea dengan air mendidih. Tunggu hingga air rebusan menjadi hangat kemudian masukkan handuk kecil atau lap ke air seduhan, dan peras hingga setengah kering. Letakkan pada wajah. Hangat yang diberikan oleh handuk akan membuka pori-pori sehingga kandungan teh lebih mudah menyerap.

Selamat mencoba!

(RS/RH)

0 Komentar

Belum ada komentar