Sukses

Cara Mendapatkan Pendonor dengan Cepat

Dalam kondisi darurat, terkadang sulit untuk mencari pendonor yang memiliki golongan darah sama. Apalagi jika golongan darahnya termasuk langka. Apa yang bisa dilakukan untuk memudahkan pencarian pendonor?

Kebutuhan akan darah pada orang yang sedang sakit dapat terjadi kapan pun. Baik Anda sebagai pihak yang sakit ataupun keluarga Anda yang membutuhkan darah untuk ditransfusi.

Ada beberapa kondisi kesehatan di mana seseorang membutuhkan transfusi darah, yaitu:

  • Gangguan perdarahan seperti pada kasus kecelakaan
  • Gangguan proses pembentukan darah seperti pada kasus gagal ginjal
  • Gangguan penyakit kronis seperti leukemia dan sebagainya

Mencari darah dalam waktu yang cepat bukanlah hal yang mudah, apalagi kondisi tersebut dapat terjadi sewaktu-waktu. Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memudahkan mencari pendonor dalam waktu yang cepat:

  • Mulai dari keluarga terlebih dahulu. Keluarga inti ataupun keluarga lainnya cenderung memiliki golongan darah dan rhesus yang sama dengan pasien. Hal ini tentu akan memudahkan, apalagi Anda mengetahui orang yang akan mendonor terkait riwayat kesehatannya.
  • Berlanjut pada kerabat, teman atau relasi, asalkan memiliki golongan darah yang sama. Kondisi ini membuat Anda tidak perlu bersusah payah mencari.
  • Sebarkan melalui media sosial. Kebanyakan orang memiliki media sosial, sehingga dapat memanfaatkannya untuk mencari pendonor yang sesuai.

Semoga cara-cara di atas dapat membantu Anda untuk mendapatkan pendonor darah dengan cepat.

(RS/RH)

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar