Sukses

Tiga Keuntungan Memiliki Pengasuh Anak

Beruntunglah Anda jika masih bisa bekerja sekaligus mengurus anak secara penuh. Tapi, bukan berarti memiliki pengasuh anak adalah hal yang buruk. Bahkan manfaatnya banyak sekali!

Bagi orangtua yang bekerja, memiliki pengasuh anak bagaikan kebutuhan primer. Orangtua tentu harus piawai dalam memilih pengasuh yang baik. Hal ini penting karena pengasuh juga mempunyai andil dalam pola perkembangan anak. Lalu, apa saja keuntungan memiliki pengasuh untuk anak?

  1. Anak tetap berada pada lingkungan yang sama. Apabila tidak ada pengasuh, terkadang anak dibawa pergi ke beberapa tempat, baik itu ke tempat kerja orangtuanya atau dititipkan di rumah sanak saudara. Sebenarnya hal tersebut sah-sah saja, tapi kadang bisa membuat jadwal harian anak berantakan. Sedangkan, anak yang memiliki pengasuh akan memiliki jadwal tidur dan makan yang teratur, sehingga baik untuk perkembangannya.
  2. Perhatian yang maksimal akan didapatkan dari pengasuh daripada day care atau tempat penitipan anak. Kebutuhan anak yang memiliki pengasuh akan terurus dengan lebih baik. Berbeda jika anak dititipkan pada day care yang memiliki satu-dua pengasuh untuk beberapa anak. Risiko anak luput dari perhatian tentu akan menjadi lebih tinggi.
  3. Waktu yang lebih fleksibel akan dimiliki oleh orangtua yang mempunyai pengasuh dibandingkan dengan day care yang sudah memiliki jam-jam tertentu untuk waktu penitipan. Hal ini akan memudahkan orangtua yang mempunyai pekerjaan yang membutuhkan dedikasi tinggi, ataupun waktu kerja yang tidak menetap.

Memiliki pengasuh untuk anak bukanlah suatu hal yang buruk, terlebih jika pengasuh tersebut profesional dan berpengalaman. Peran orangtua tetap tidak tergantikan, namun kebutuhan anak juga tidak menjadi terbengkalai.

(RS/RH)

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar