Sukses

Ragam Manfaat Memiliki Pengasuh Anak di Rumah

Memiliki pengasuh anak atau nannies rupanya memiliki beberapa manfaat. Apa saja keuntungan dari memiliki pengasuh anak?

Pengasuhan anak menjadi hal yang perlu dipertimbangkan setelah si kecil lahir ke dunia. Bagi kedua orang tua yang bekerja, mungkin sulit untuk mereka membagi waktu mengurus si buah hati di rumah.

Beberapa model pengasuhan anak bisa menjadi opsi, misalnya daycare, minta tolong kepada anggota keluarga lain, atau mengandalkan babysitter. Di antara ketiga pilihan tersebut, menggunakan jasa babysitter adalah pilihan favorit sebagian orang tua. Anda salah satunya?

Artikel Lainnya: Pilih Baby Sitter atau Day Care untuk Menjaga si Kecil?

Faktanya, menggunakan jasa babysitter sebagai pengasuh anak di rumah bisa mendatangkan banyak manfaat. Berikut beberapa di antaranya:

1 dari 4 halaman

1. Ada Rutinitas yang Sama

Jika tidak ada pengasuh di rumah, anak mungkin akan mengalami perpindahan tempat. Baik ke tempat kerja orang tuanya, dititipkan di rumah saudara atau ke daycare.

Tidak ada masalah dari apabila perpindahan tersebut dilakukan secara konsisten. Akan tetapi, jika anak memiliki pengasuh di rumah, salah satu keuntungan yang diperoleh adalah adanya rutinitas yang sama di lingkungan yang sama.

Anak akan memiliki jadwal yang sama setiap harinya. Hal ini akan menciptakan keteraturan dalam diri anak, dan umumnya ia akan lebih jarang mengalami tantrum.

2. Perhatian yang Maksimal

Di daycare, satu pengasuh mungkin harus memerhatikan beberapa anak sekaligus. Hal ini tentu menyulitkan bagi pengasuh untuk benar-benar fokus menstimulasi satu anak.

Lain halnya dengan pengasuh anak di rumah. Adanya perhatian yang maksimal merupakan salah satu manfaat babysitter di rumah.

Waktu yang penuh di rumah akan memberi kesempatan babysitter untuk memberikan stimulasi tumbuh kembang pada anak, terutama bila orang tua telah mengajarinya melakukan hal tersebut.

Artikel Lainnya: Sering Berganti Pengasuh, Apa Dampaknya pada Tumbuh Anak

2 dari 4 halaman

3. Waktu yang Fleksibel

Memiliki pengasuh anak di rumah akan menawarkan fleksibilitas dari sisi waktu. Sering kali, orang tua dituntut untuk kerja lembur di kantor atau tugas ke luar kota. Hal ini akan sulit bila anak sehari-hari dititipkan ke daycare.

Akan tetapi, jika Anda menggunakan jasa pengasuh anak di rumah, maka pengelolaan waktu dapat lebih fleksibel.

4. Keperluan Logistik yang Lebih Sederhana

Orang tua yang menitipkan anak di daycare atau di rumah keluarga tentu akrab dengan kerepotan harian. Mereka biasanya membawa banyak barang di pagi hari, membereskannya di sore hari, serta persiapan untuk keesokan harinya.

Tidak ada yang salah dengan hal itu. Akan tetapi, menggunakan jasa pengasuh anak di rumah mungkin akan sedikit mengurangi beban untuk mempersiapkan keperluan logistik anak. Alasannya, anak akan tinggal di rumah sepanjang hari sehingga keperluan logistiknya lebih mudah terpenuhi.

3 dari 4 halaman

5. Kontrol Parental

Dengan adanya babysitter di rumah, Anda sebagai orang tua dapat menerapkan kontrol parental kepada pengasuh tersebut.

Anda memiliki akses penuh untuk mengetahui jadwal makan, jenis makanan anak, bagaimana jadwalnya, apa yang ia tonton, dan hal detail lainnya. Karena itu, penting bagi Anda untuk memilih babysitter yang baik dan teratur.

Apapun jenis pengasuh anak yang dipilih, baik dengan babysitter, anggota keluarga lain, atau daycare, semuanya kembali pada keputusan, nilai, serta prinsip keluarga Anda.

Namun, Anda harus tetap ingat bahwa peran orang tua tetaplah yang paling utama dan tidak dapat digantikan. Karena itu, orang tua tetap perlu terlibat secara aktif dalam pertumbuhan dan perkembangan si kecil apa pun jenis pengasuh anak yang dipilih.

Apabila Anda membutuhkan saran atau punya pertanyaan terkait pengasuh anak, tak ada salahnya untuk berkonsultasi pada dokter menggunakan layanan LiveChat 24 jam. Unduh juga aplikasi KlikDokter agar tidak ketinggalan informasi kesehatan lainnya.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar