Sukses

Sumber Makanan yang Kaya Vitamin A

Penting bagi kita untuk memenuhi kebutuhan vitamin A dalam tubuh setiap harinya. Karena itu, yuk cari tahu apa saja sumber makanan yang tinggi vitamin A.

Vitamin A dikenal sebagai salah satu vitamin yang memiliki bermacam manfaat. Sebagai nutrisi yang esensial, vitamin A berperan dalam berbagai proses dalam tubuh.

Beberapa manfaat vitamin A, yakni menjaga daya tahan tubuh, reproduksi, kesehatan kulit, penglihatan, serta organ vital lainnya dalam tubuh.

Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A untuk mendapatkan manfaat tersebut. Lalu, apa saja sumber makanan vitamin A? Berikut daftar lengkapnya.

1. Hati Sapi

Jeroan (spesifiknya hati sapi) merupakan salah satu makanan sumber vitamin A terbaik, karena sama dengan manusia, binatang juga menyimpan vitamin A di dalam hati.

Selain hati sapi, hati domba dan sosis hati juga termasuk daging yang kaya akan vitamin A.

1 dari 5 halaman

2. Minyak Hati Ikan (Cod)

Satu sendok makan minyak hati ikan mengandung 4080 mikrogram vitamin A, serta menyimpan asam lemak omega-3. Kandungan ini berperan dalam mengatasi peradangan dan melindungi jantung.

Selain itu, vitamin D juga terkandung di dalam minyak ikan. Fungsinya adalah berperan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan tulang, dan mencegah depresi.

Artikel Lainnya: Dampak Kekurangan Vitamin A pada Anak

3. Ubi

Ubi termasuk makanan sumber vitamin A. Kandungan vitamin ini tersedia dalam bentuk beta-karoten.

Manfaatnya disebut-sebut dapat membantu melawan terjadinya degenerasi makula yang berhubungan dengan usia lanjut (AMD). Dengan begitu, penglihatan akan tetap berfungsi sebagai mestinya.

4. Wortel

Tentu Anda sudah tahu, wortel termasuk makanan yang mengandung vitamin A tinggi. Setengah gelas wortel mentah mengandung 459 mikrogram vitamin A, yang mencakupi 51 persen kebutuhan vitamin A dalam sehari.

Tak hanya itu, wortel kaya akan serat yang dapat mencegah sembelit dan menyehatkan saluran cerna.

2 dari 5 halaman

5. Kacang Polong Hitam

Tiap gelas kacang polong hitam rebus mengandung 66 mikrogram vitamin A. Jumlah ini mencukupi 7 persen kebutuhannya dalam sehari. Tak hanya itu, kacang polong hitam juga merupakan sumber zat besi.

Konsumsi kacang polong mampu menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

6. Bayam

Seperti sayuran berdaun hijau lainnya, bayam mengandung berbagai nutrisi, termasuk vitamin A. Tiap setengah gelas bayam rebus mengandung 573 mikrogram vitamin A, yang mencukupi 64 persen kebutuhan harian.

Konsumsi sayuran yang satu ini mampu menurunkan tekanan darah dan menunjang kesehatan jantung.

Artikel Lainnya: Vitamin D Larut dalam Lemak, Bolehkah Dikonsumsi Setiap Hari?

7. Brokoli

Setengah gelas brokoli mengandung kalori rendah, yaitu 15 kalori. Sayuran hijau ini juga merupakan sumber sayuran yang mengandung vitamin C dan K.

Vitamin K penting untuk metabolisme tulang dan pembekuan darah, sedangkan vitamin C mampu meningkatkan daya tahan tubuh, serta memiliki kegunaan antioksidan dan antiradang.

Selain menjadi makanan sumber vitamin A yang baik, brokoli juga mampu menurunkan risiko seseorang terkena kanker, karena adanya zat bernama sulforafan.

3 dari 5 halaman

8. Paprika Merah

Paprika merah adalah makanan yang mengandung 117 mikrogram vitamin A, yang merupakan 13 persen kebutuhan harian.

Selain itu, keunggulan paprika merah lainnya diperoleh dari kandungannya yang hanya 19 kalori serta kaya akan vitamin C, B6, dan folat.

Paprika merah merupakan sumber antioksidan yang baik, seperti kapsantin dan kuersetin, yang bersifat antiradang dan antihistamin. Artinya, keduanya mampu mengurangi gejala yang ditimbulkan oleh alergi.

9. Mangga

Tak hanya vitamin C, ternyata mangga juga merupakan buah yang mengandung vitamin A. Sebuah mangga utuh mengandung 112 mikrogram vitamin A, yang dapat memenuhi 12 persen kebutuhan harian.

Buah yang satu ini juga kaya akan antioksidan dan serat, sehingga dapat membantu fungsi saluran cerna dan mengontrol kadar gula darah.

Artikel Lainnya: Bahaya Konsumsi Vitamin A Berlebihan bagi Ibu Hamil

10. Aprikot Kering

Untuk camilan yang kaya akan vitamin A, cobalah aprikot yang dikeringkan!

Meski terkesan tidak segar, sepuluh belahan aprikot yang dikeringkan mengandung 63 mikrogram vitamin A, yang merupakan 7 persen kebutuhan harian.

Meski demikian, aprikot kering mengandung banyak gula dan kalori. Jadi, pastikan konsumsinya tidak berlebihan.

4 dari 5 halaman

11. Pai Labu

Sepotong pai labu mengandung 488 mikrogram vitamin A. Ini dapat mencukupi sebesar 54 persen kebutuhan harian. Karena sifatnya yang sama dengan sayuran lain berwarna oranye, labu juga kaya akan beta-karoten.

Labu juga sumber yang baik akan antioksidan seperti vitamin C, lutein, dan zeaksantin. Dengan demikian, makanan yang mengandung vitamin A ini mampu menjaga pandangan tetap tajam dan mencegah beberapa penyakit mata.

Namun, mengonsumsi labu asli tentu lebih sehat dibandingkan dengan pai labu. Jadi, bila yang Anda konsumsi adalah pai labu, nikmatilah dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebih.

12. Jus Tomat

Sebanyak ¾ gelas jus tomat mengandung 42 mikrogram vitamin A, yakni 5 persen kebutuhan harian. Tomat juga kaya akan vitamin C dan likopen, yang merupakan antioksidan.

Seperti labu, tomat dan jusnya mengandung lutein serta zeaksantin yang dapat menguntungkan bagi kesehatan mata.

13. Ikan Haring

Sebanyak 3 ons ikan haring menyediakan 219 mikrogram vitamin A atau 24 persen kebutuhan sehari. Ikan haring juga kaya akan protein dan vitamin D.

Sebagai ikan yang berlemak baik, haring merupakan opsi yang baik untuk individu yang perlu meningkatkan konsumsi omega-3 guna memperbaiki kesehatan jantung dan otak.

Terdapat berbagai sumber makanan yang mengandung vitamin A, baik nabati maupun hewani.

Agar tidak kekurangan vitamin ini, cara terbaik untuk mencukupinya adalah dengan mengonsumsi buah, sayuran, gandum utuh, lemak baik serta protein tanpa lemak yang bervariasi dan seimbang.

Dapatkan informasi menarik lainnya seputar pola makan sehat dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar