Sukses

Sumber Makanan yang Kaya Vitamin A

Apa saja makanan yang kaya kandungan vitamin A? Cari tahu di sini.

Vitamin A dikenal sebagai salah satu vitamin yang memiliki berbagai macam manfaat bagi sistem tubuh manusia. Kecukupan vitamin A sebagai sebuah suplemen tubuh sangat penting, terutama bagi anak-anak di masa pertumbuhan. Urgensi dari vitamin A inilah yang membuat suplementasi vitamin A dosis tinggi perlu bagi balita berusia 6 – 59 bulan dan ibu yang sedang dalam masa nifas.

Secara umum, vitamin A telah dikenal luas kegunaannya bagi kesehatan mata. Hal ini dikarenakan fungsinya yang sangat baik untuk kerja metabolisme sel-sel di dalam retina mata. Kekurangan vitamin A sendiri dapat mengakibatkan rabun senja dan mata kering. Dalam beberapa kondisi yang parah, kekurangan ini juga dapat berujung pada kebutaan.

Selain bermanfaat untuk kesehatan mata, vitamin A juga penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak serta memfasilitasi proses tumbuh kembang sel-sel tubuh anak, terutama di bagian rambut, kuku dan kulit. Selain itu, vitamin A juga memiliki sifat sebagai antioksidan, yaitu bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Di samping melalui penggunaan suplemen, manfaat vitamin A juga dapat ditemukan di dalam berbagai jenis makanan sehari-hari. Untuk itu, persiapan berbagai makanan yang tinggi akan kandungan vitamin A sangat dibutuhkan untuk menunjang kebutuhan serta kegiatan sehari-hari anda.

Vitamin A merupakan jenis vitamin yang larut dalam lemak. Pada makanan, vitamin ini memiliki beberapa bentuk, sebagai vitamin A murni ataupun provitamin A yang akan berubah menjadi vitamin A di dalam tubuh (misalnya karotenoid).

Sumber utama vitamin A banyak berasal dari hati ayam, ikan serta susu dan produk turunannya. Sedangkan untuk karotenoid, provitamin A dapat ditemukan dalam jumlah yang tinggi pada sayur-sayuran maupun buah-buahan yang berwarna hijau gelap, kuning, oranye, dan merah. Berikut akan disajikan daftar makanan yang memiliki kandungan vitamin A tinggi:

  1. Sayur-sayuran: ubi, labu, wortel, kale, bayam, bokcoy, paprika merah, seledri dan selada.
  2. Buah-buahan: aprikot, jeruk bali, mangga, melon, plum dan pepaya.
  3. Susu dan keju.
  4. Daging hati ayam, hati kalkun, hati sapi dan hati domba.
  5. Ikan dan makanan laut: belut, tuna, hering, makerel, salmon serta minyak ikan kod.
  6. Telur.

Dari daftar di atas, pastikan agar Anda melibatkan beberapa jenis makanan tersebut dalam menu harian anda, untuk menjamin kecukupan asupan vitamin A bagi keluarga (terutama balita anda). Terakhir, jangan lupa untuk berpartisipasi dalam Bulan Pemberian Vitamin A pada posyandu-posyandu terdekat!

(BO/RH)

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar