Sukses

Apa Itu Kateterisasi Jantung?

Kateterisasi jantung, sebuah prosedur diagnosis medis yang sangat penting untuk mengetahui kondisi dan performa jantung.

Sore itu Indra disergap rasa takut luar biasa. Usai menyelesaikan set push-up kelima, ia tiba-tiba merasakan sesuatu menghimpit dadanya dengan hebat. Jantungnya berdebar cepat, tubuh terasa dingin seketika. Sesaat kemudian, menetes bulir-bulir keringat di sekujur tubuhnya. Rasa pegal menjalar dan kepala begitu pening, namun tak ada orang di sekitarnya yang bisa dimintai pertolongan.

Ketika ia sudah sangat lemah, seorang teman yang baru kembali dari kampus, datang menghampiri saat melihatnya tampak kesakitan sambil memegangi dada. Indra segera dilarikan ke UGD rumah sakit terdekat. Menurut dokter yang menangani, Indra membutuhkan pemeriksaan dengan kateterisasi jantung. Pernahkah Anda atau keluarga Anda yang mengalami pengalaman serupa? Lalu apa itu kateterisasi jantung yang Indra harus jalani?  

Jika mengalami kondisi kegawatdaruratan terkait fungsi jantung seperti Indra, ada kemungkinan Anda akan menjalani prosedur kateterisasi jantung. Kateterisasi jantung adalah sebuah prosedur tindakan medis yang dilakukan untuk memeriksa performa jantung Anda. Untuk melakukannya, Dokter akan memasukkan sebuah selang panjang tipis yang disebut dengan kateter melalui pembuluh darah pada  area selangkangan atau lengan. Selanjutnya kateter berjalan mengarah hingga jantung Anda.

Kateterisasi jantung dapat dilakukan pada kondisi tertentu. Misalnya ketika dokter perlu memeriksa kemungkinan seseorang memiliki penyakit yang berkaitan dengan kinerja otot jantung, katup atau pembuluh darah jantung. Hal ini dimungkinkan dengan mendeteksi tekanan dan aliran darah di jantung pada saat pemeriksaan dilakukan.

Sebuah metode diagnosis atau pemeriksaan spesifik yang disebut angiografi jantung koroner juga dapat dilaksanakan ketika kateterisasi jantung dilakukan. Suatu jenis cairan kontras akan dimasukkan melalui kateter agar memberikan gambaran pada X-ray yang berlangsung selama kateterisasi. Pada monitor akan tampak gambaran X-ray yang menunjukkan pewarna kontras berjalan sepanjang arteri yang dilewati. Gambaran ini berfungsi menunjukkan bagian tertentu dari pembuluh darah jantung yang mengalami pemblokiran atau kebuntuan akibat suatu sumbatan

Kateterisasi perlu dilakukan ketika dokter memerlukan informasi tentang performa jantung seseorang. Biasanya pada pasien yang diduga kuat mengalami gejala penyakit jantung akibat sumbatan. Pada kasus Indra, kuat dugaan ia mengalami serangan jantung yang disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah di jantung. Pelaksanaan kateterisasi jantung yang diusulkan dokter kepada Indra adalah prosedur yang tepat untuk mendapatkan diagnosis yang akurat.

(RH)

Baca juga:

2 Komentar

  • Icca Cutee

    & punya riwayat hipertensi...

  • Icca Cutee

    dok,mau tanya klo detak jantung cepat secara mendadak,tp blm sering detak kan ny bru ssekali,itu bisa di kta kn terkena penyakit jantung ia dok?mksh dok,di tunggu ia bls san ny🙏🙏