Sukses

Membedakan Jenis dan Manfaat Gandum

Gandum memiliki berbagai jenis dan manfaatnya masing-masing untuk kesehatan. Yuk, kenali lebih jauh di sini!

Gandum merupakan bahan makanan yang populer sebagai makanan sehat untuk diet. Gandum sangat kaya akan karbohidrat kompleks dan beberapa vitamin serta mineral, sehingga menjadikannya rendah lemak.

Jenis gandum yang paling baik adalah gandum utuh atau whole grain. Beberapa pedoman diet merekomendasikan agar setengah dari olahan gandum yang Anda makan adalah gandum utuh.

Berikut adalah jenis-jenis gandum yang perlu Anda ketahui:

  • Gandum utuh. Merupakan jenis gandum yang kaya akan nutrisi seperti selenium, kalium, dan magnesium. Gandum utuh bisa dalam bentuk nasi cokelat dan roti. Gandum utuh sangat bermanfaat untuk kesehatan saluran pencernaan sekaligus pencegah kanker.
  • Gandum olahan. Merupakan jenis gandum yang digiling terlebih dahulu untuk mendapatkan bagian inti dari biji-bijiannya. Tekstur gandum yang sudah melalui proses penggilingan umumnya lebih baik. Meski demikian, gandum yang sudah tergiling memiliki nutrisi yang jauh berkurang sehingga manfaat seratnya pun sudah hilang.
  • Gandum yang diperkaya. Merupakan jenis gandum yang mengalami penambahan kembali nutrisinya yang hilang dalam proses penggilingan, terutama vitamin B.

Tidak semua gandum sama sehatnya. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat dari gandum, pilihlah gandum utuh yang alami tanpa campuran.

(RS/RH)

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar